HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN DI AKADEMI KEBIDANAN SARI MULIA BANJARMASIN
Abstract
Latar Belakang: Keberhasilan proses pembelajaran ditandai dengan tercapainya capaian pembelajaran, yang dilihat dari tingginya nilai hasil evaluasi belajar. Hasil belajar yang tinggi dapat dicapai dengan ketekunan belajar yang terbentuk dari adanya motivasi belajar. Motivasi dalam belajar merupakan faktor yang penting karena merupakan faktor dari dalam yang mendorong
mahasiswa untuk belajar. Motivasi dalam proses belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan sangat dibutuhkan karena Mata kuliah ini merupakan salah satu dari kompetensi bidan, sehingga diharapkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini adalah mampu untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil.
Tujuan: Menganalisis Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tingkat
II pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Metode: Penelitian ini mengunakan metode cross sectional, dengan pendekatan retrospektif.
Populasi dalam penelitian ini adalah 105 orang dengan Sampel sebanyak 52 responden. Teknik
analisis data menggunakan Chi Square.
Hasil: Hasil Chi Square antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar mahasiswa tingkat II pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan diperoleh nilai p=0,003. Dengan demikian p-Value hitung < p-Value alpha (0,05).
Simpulan: Ada hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa tingkat II pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan mahasiswa di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Psikologi
Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka
Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi
Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi.
Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan
dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT.
Rajagrafindo.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Suardi, Moh. 2012. Pengantar Pendidikan.
Jakarta: Indeks.
Supartini. 2008. Hubungan motivasi belajar
dengan hasil belajar siswa di smk alhidayah
jakarta selatan [Skripsi].
Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Purnama.
Wibowo, Ira. 2014. Hubungan motivasi
belajar dengan hasil belajar asuhan
kebidanan kehamilan 1a mahasiswa
semester ii program studi diii kebidanan
stikes ‘aisyiyah yogyakarta [Skripsi].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Sismeri Dona, Ravenala Abdulrahman Alhakim Sampurna Putra Solihin, Hidayatul Najah Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.