HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN DI AKADEMI KEBIDANAN SARI MULIA BANJARMASIN

Sismeri Dona, Ravenala Abdulrahman Alhakim Sampurna Putra Solihin, Hidayatul Najah Putri

Abstract


Latar Belakang: Keberhasilan proses pembelajaran ditandai dengan tercapainya capaian pembelajaran, yang dilihat dari tingginya nilai hasil evaluasi belajar. Hasil belajar yang tinggi dapat dicapai dengan ketekunan belajar yang terbentuk dari adanya motivasi belajar. Motivasi dalam belajar merupakan faktor yang penting karena merupakan faktor dari dalam yang mendorong
mahasiswa untuk belajar. Motivasi dalam proses belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan sangat dibutuhkan karena Mata kuliah ini merupakan salah satu dari kompetensi bidan, sehingga diharapkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah ini adalah mampu untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil.
Tujuan: Menganalisis Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tingkat
II pada Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Metode: Penelitian ini mengunakan metode cross sectional, dengan pendekatan retrospektif.
Populasi dalam penelitian ini adalah 105 orang dengan Sampel sebanyak 52 responden. Teknik
analisis data menggunakan Chi Square.
Hasil: Hasil Chi Square antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar mahasiswa tingkat II pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan diperoleh nilai p=0,003. Dengan demikian p-Value hitung < p-Value alpha (0,05).
Simpulan: Ada hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa tingkat II pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan mahasiswa di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Faktor-Faktor

yang Mempengaruhi Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Psikologi

Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Strategi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka

Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi

Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi.

Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan

dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT.

Rajagrafindo.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor

yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Suardi, Moh. 2012. Pengantar Pendidikan.

Jakarta: Indeks.

Supartini. 2008. Hubungan motivasi belajar

dengan hasil belajar siswa di smk alhidayah

jakarta selatan [Skripsi].

Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan

dan Ilmu Pendidikan Purnama.

Wibowo, Ira. 2014. Hubungan motivasi

belajar dengan hasil belajar asuhan

kebidanan kehamilan 1a mahasiswa

semester ii program studi diii kebidanan

stikes ‘aisyiyah yogyakarta [Skripsi].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Sismeri Dona, Ravenala Abdulrahman Alhakim Sampurna Putra Solihin, Hidayatul Najah Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.