Hubungan Pengetahuan Perawat IGD Dengan Ketepatan Triase Pada Pasien Trauma di RSUD.Ulin Banjarmasin

Noor Khalilati, Izma Daud, Alit Suwandewi, Hanura Aprilia, Diah Retno Wulan, Resty Silvia Maylani

Abstract


Abstrak

Ketepatan triase pada pasien sangat penting untuk mencegah kecacatan dan kematian pada pasien. Oleh sebab itu, harus mempunyai pengetahuan, kecepatan, keterampilan dan kesiagaan pasien gawat darurat yang harus ditangani dengan waktu <5 menit. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan perawat IGD dengan ketepatan triase pada pasien trauma di IGD RSUD Ulin Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah desain Kuantitatif Korelasional dengan pendekatan Spearman Rho.  Sampel pada penelitian ini adalah perawat yang bekerja di IGD yang berjumlah 48 orang dengan metode total sampling. Analisis data ini menggunakan uji Fisher’s Exact. Penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dan lembar Observasi. Hasil penelitian didapatkan antara hubungan pengetahuan perawat IGD dengan ketepatan triase pada pasien trauma di IGD RSUD Ulin Banjarmasin sebagian besar bahwa pengetahuan perawat IGD termasuk dalam kategori Baik yaitu sebanyak (75,0%), sedangkan ketepatan triase masuk dalam kategori Sesuai sebanyak (58,3%) Hubungan pengetahuan perawat IGD dengan ketepatan triase didapatkan hasil p value= 0.001 < 0.005 berarti terdapat hubungan antara pengetahuan perawat IGD dengan ketepatan triase.


Keywords


Pengetahuan Perawat, Ketepatan Triase, Trauma

References


Aryati, D. P. (2021). Jurnal Ilmu Keperawatan : Journal Of Nursing Science Respon Stres Lansia Jawa Akibat Pengabaian Oleh Keluarga : Studi Fenomenologi Javanese Elderly ’ S Responses Of Stres Due To Neglect By Families : A Phenomenological Study Jurnal Ilmu Keperawatan : Journal Of Nursing Science. 9(1).

Habib, H., Sulistio, S., Unit, E., Mangunkusumo, C., Mulyana, R. M., & Albar, I. A. (2016). Triase Modern Rumah Sakit Dan Aplikasinya Di Indonesia Triase Modern Rumah Sakit Dan Aplikasinya Di Indonesia. (December).

Januari, P., Bazmul, M. F., & Kambey, B. I. (2018). Profil Kegawatdaruratan Pasien Berdasarkan Start Triage Scale Di Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof . Dr . R . D . Kandou Manado. (Prioritas 2), 46–50.

Karyono, A. S., Priyanto, W., Yuza, A. T., Bedah, D., Gigi, F. K., & Padjadjaran, U. (2018). Laporan Kasus Penatalaksanaan Kasus Kegawatdaruratan Fraktur Dentoalveolar Pada Pasien Usia Lanjut Dengan Penyakit Sistemik. Https://Doi.Org/10.24198/Jkg.V30i3.20017

Ningsih, D., & Ulya, I. (2017). Buku Ajar Keperawatan Gawat Darurat Pada Kasus Trauma.

Sahensolar, L. N., Bidjuni, H., & Kallo, V. (2021). Livnie Nansi Sahensolar 1 ,Hendro Bidjuni 2 ,Vandri Kallo 3* ͣ. 9(1), 1–8.

Vita Maryah Ardiyani , M. Titin Andri W., R. E. K. (2015). Analisis Peran Perawat Triage Terhadap Waiting Time Dan Length Of Stay Pada Ruang Triage Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Dr Saiful Anwar Malang. 3(1), 39–50.




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v13i2.869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Noor Khalilati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.