Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Cardiac Arrest Dan Bantuan Hidup Dasar Tim Komunitas Gabungan Emergency

Noor Khalilati, Ruslinawati Ruslinawati, Akhmad Nazarudin

Abstract


Latar Belakang: Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang Cardiac Arrest dan Bantuan Hidup Dasar dalam melakukan pertolongan kegawatdaruratan sehingga pengetahuan masyarakat tentang Cardiac Arrest dan Bantuan Hidup Dasar dirasa perlu dikaji karena kondisi gawat darurat dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang cardiac arrest dan bantuan hidup dasar terhadap tingkat pengetahuan Tim Komunitas Gabungan Emergency (KGE).

Metode: Desain penelitian yaitu quasy experiment with one group pre-posttest dan menggunakan lembar kuesioner untuk mendapatkan data dari responden. Sampel berjumlah 30 responden dengan menggunakan teknik probability sampling.

Hasil: Penelitian didapatkan rata-rata nilai pretest 72,33 dan nilai posttest 87,50 dan di dapat nilai p-value = 0,000 < 0,05).

Simpulan:Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang Cardiac Arrest dan Bantuan Hidup Dasar terhadap tingkat pengetahuan Tim Komunitas Gabungan Emergency HSU. Peranan relawan sebagai penemu pertama sangat berpengaruh. Sehingga dirasa perlu untuk mengikuti pendidikan kesehatan berupa seminar atau pelatihan yang berkaitan dengan Cardiac Arrest dan Bantuan Hidup Dasar secara berkala tiap tahun.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Cardiac Arrest, Bantuan Hidup Dasar, Komunitas Gabungan emergency (KGE)

 

The Effect of Providing Health Education on the Level of Knowledge About Cardiac Arrest and Basic Life Support Emergency Community Team

Background: Public acknowledgement about Cardiac Arrest and Basic Life Support in providing emergency assistance so that public knowledge about Cardiac Arrest and Basic Life Support is deemed necessary because emergency conditions can occur anytime and anywhere

Objective: To determine the effect of providing health education about cardiac arrest and basic life support on the level of knowledge of the KGE Team

Methods: This research using a quasi-experiment design with one group pre-posttest and uses a questionnaire sheet to obtain data from respondents. 30 respondents sample use for this research with probability sampling technique

Result: This research obtained an average pretest value of 72.33 and a posttest value of 87.50 and the p-value = 0.000 (α <0.05)

Conclusion: There is an effect of health education on Cardiac Arrest and Basic Life Support on the level of knowledge of the HSU Emergency Joint Community Team. The role of volunteers as the first inventors is very influential. It is necessary to attend health education in the form of seminars or training related to Cardiac Arrest and Basic Life Support on a regular basis every year.

 

Keywords: Knowledge, Cardiac Arrest, BLS, KGE Team


References


American Heart Association (2019). About Cardiac Arrest (SCA) Face Sheet, CPRStatistics.http://www.heart.org/HEARTORG/Conditions/More/ CardiacArrest/AboutCardia UCM 307905 Article.jsp.

Berg, R.A., R. Hemphill, B. S. Abella, et al. 2010.Adult Basi Life Support: 2010 American Heart Association Guidelines for Cardiopulmonary Resuscitation and Emergency Cardiovascular Care.Circulation. 122: 685-705.

Dahlan, S., Kumaat, L., Onibala, F. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) Terhadap Tingkat Pengetahuan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Wori Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. http://download.portalgaruda.org/articl e.php.article-147008/5798.pdf

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, (2018).

Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Utara, (2020).

Frame, Scott B. (2010). PHTLS: Basic and Advance Prehospital Trauma Life Support. Missouri; Mosby

Guidelines. (2015). Pedoman AHA (American Heart Association) untuk CPR dan ECC.

Hardisman. (2014). Gawat Darurat Medis Praktik. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Hidayat, A.A.A (2014). Metode Penelitian Kesehatan: Paradigma Kuntitatif. Surabaya: Health Books Publishing.

Howard, P. K. (2010). Emergency Nursing Princip and Practice. Sixth Edition.

Lontoh, C. (2013). Pengaruh Pelatihan Teori Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Siswa-siswi SMA Negeri 1 Toili (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/j kp/article/view/2173 diakses tanggal 08 Oktober 2015 pukul 13.00 WITA)

Mendagri. (2018). Peraturan mentri dalam negeri.http://www.jdih.setjen.kemendagri.go.id/pm/Permendagri%20No.122%20Th%202018.pdf

Nirmalasari. (2020). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Notoatmodjo, S. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Bineka Cipta

Nursalam. (2017). Metodologi penelitian ilmu keperawatan: pendekatan praktis. In Metodologi penelitian Iimu keperawatan: pendekatan praktis.

Nursalam & Efendi, F (2008). Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pro Emergency. (2014). Basic Trauma Life Support for Nurse. Jakarta.

Pusponegoro A, et al. (2010). Buku Panduan Basic Trauma Life Support. Ed. Ke 3. Penerit Yayasan Ambulans Gawat Darurat 18. Jakarta.

Riset Kesehatan Dasar, (2018)

Saryono. 2009. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sasson, C., M. A. Rogers, J.Dahl, et al. 2010. Predictors of Survival from Out-Of-Hospital ardiac arrest: A

Seamon, M. J., Doane, S. M., Gaughan, J. P., Kulp, H., & D’Andrea, A. P. (2016). Prehospital interventions for penetrating trauma victims: A prospective comparison between Advanced Life Support and Basic Life Support. Injury, 44(5), 634-638.

Sigit Vebrianto Sosilo, (2015). Metode Pembelajaran Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Universitas Majalengka.

Sudiharto & Sartono. (2011). Basic Life Support. http://www.resus.org.uk/pages/bls.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Penerbit Alfabeta.

Susilo, R (2011). Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Thygerson, Alton. (2009). First Aid: Pertolongan Pertama Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v12i2.729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Noor Khalilati, Ruslinawati Ruslinawati, Akhmad Nazarudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.