TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTERI TENTANG SADARI DALAM UPAYA DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DI PONDOK PESANTREN ADDAINURRIYAH II SEMARANG

Muliatul Jannah

Abstract


Latar Belakang: Tumor ganas payudara merupakan keganasan pada wanita yang menduduki peringkat teratas dan sebagai penyebab kematian tertinggi. Kanker payudara dapat ditemukan secara dini dengan pemeriksaan SADARI (periksa payudara sendiri), pemeriksaan klinik dan pemeriksaan mamografi. Deteksi dini dapat menekan angka kematian sebesar 25-30%.

Tujuan: mengetahui tingkat pengetahuan Remaja Putri tentang SADARI (periksa payudara sendiri) dalam upaya deteksi dini kanker payudara di pondok pesantren Addainuriyah II Semarang.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner

Hasil: Dari 50 remaja putri terdapat 25 orang (50%) berumur 14-16 tahun, 19 orang (38%) berpendidikan Menengah (SMA sederajat), dan 30 orang 60%) berpengetahuan cukup.

Simpulan: tingkat pengetahuan remaja putri di pondok pesantren Addainuriyah II Semarang adalah cukup.

 

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Remaja Putri, SADARI


Full Text:

PDF

References


Adnyawati, I.G.A., 2009, Perkembangan Remaja dan Permasalahannya, Jurnal Skala Husada Volume 6. No.1:37-42.

Dinas Kabupaten Kota Semarang; 2011.

Dixon, J.M. dan Leonard, R.C.F. 2006. Kelainan Payudara. Jakarta : Dian Rakyat;

Hidayat, A. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika; 2007Imam, Rasjidi. Deteksi Dini dan Pencegahan Kanker Pada Wanita. Jakarta: CV Agung seto; 2009.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika; 2003.

Poltekkes Depkes Jakarta I. Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Jakarta : Salemba Medika; 2010.

Widyawati, W., 2008, Hubungan pengetahuan sikap pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dan Faktor Risiko Kanker Payudara pada relawan pilar PKBI Jawa Tengah Bulan Januari-Maret 2008, Fakultas Kedokteran Program Studi S1 Keperawatan Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Muliatul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.