PENGUASAAN ASUHAN PERSALINAN NORMAL PADA MAHASISWA TINGKAT III AKADEMI KEBIDANAN SARI MULIA BANJARMASIN

Winda Maolinda, Imam Santoso, Lisda Handayani

Abstract


Latar Belakang Masalah. Target pemerintah yang mengharuskan persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih agar dapat menurunkan AKI dan AKB, maka calon bidan mahasiswa harus mampu melakukan asuhan persalinan normal sesuai dengan wewenang bidan. Pengelolaan dan asuhan ibu saat persalinan merupakan salah satu faktor penentu dalam penurunan AKI. Untuk memberikan asuhan pada ibu bersalin yang berkualitas, dibutuhkan tenaga kesehatan terampil yang dibekali pengetahuan tentang persalinan. Dari studi pendahuluan diketahui mahasiswa tingkat III Akademi Kebidanan Sari Mulia belum menguasai teori maupun praktik pemeriksaan dalam yang merupakan tindakan dalam APN.

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penguasaan APN pada mahasiswa tingkat III Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.

Metode Penelitian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam pada empat orang mahasiswa dan tiga orang bidan MoU sebagai CI dan observasi pada pelaksanaan Asuhan Persalinan Normal dengan media phantom dan ibu bersalin secara langsung terhadap mahasiswa.

Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa mahasiswa belum percaya diri ketika melakukan asuhan persalinan sendiri, selain itu dari konsep diri seperti kerajinan, pengalaman dan keinginan mahasiswa untuk belajar lebih banyak berpengaruh terhadap pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam melakukan asuhan persalinan. Mengingat pentingnya kemampuan seorang bidan untuk melakukan asuhan persalinan disarankan untuk bagian pendidikan memperhatikan pendidikan dan pengajaran dalam teori dan praktik pada asuhan kebidanan agar tujuan awal didirikannya Akademi Kebidanan Sari Mulia untuk menyiapkan sumberdaya kesehatan khususnya tenaga bidan profesional dapat tercapai.

Kata Kunci : Asuhan, Persalinan, Bidan, Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Fisiologi Obstetri. 1983. Bandung::Universitas Padjadjaran

Novitasari, Fransiska. 2010. Praktek Klinik Kebidanan dalam Upaya Pencapaian Kompetensi Mahasiswa pada Asuhan Kebidanan Ibu Bersalin (Tesis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Sulistyawati, Ari. Nugraheny, Esti. 2010. Asuhan Kebidanan pada Ibu Bersalin. Jakarta. Salemba Medika

JNPK-KR. 2008. Asuhan Persalinan Normal. Jakarta:Jaringan Nasional Pelatihan Klinik Kesehatan Reproduksi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Winda Maolinda, Imam Santoso, Lisda Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.