HUBUNGAN PARITAS DENGAN KEJADIAN ABORTUS DI RUANG BERSALIN RSUD.Dr. H. MOCH. ANSARI SALEH BANJARMASIN

Dede Mahdiyah, Dwi Rahmawati, Ayu Lestari

Abstract


Latar Belakang Masalah. Di dunia terjadi 20 juta kasus abortus setiap tahun dan 70.000 wanita meninggal karena abortus setiap tahunnya. Angka kejadian abortus di Asia Tenggara 4,2 juta pertahun termasuk Indonesia. Di Indonesia abortus spontan 10-15% dari seluruh kehamilan, sedangkan abortus provokatus sekitar 750.000-1,5 juta setiap tahunnya. Banyak hal yang menjadi faktor risiko terjadi abortus diantaranya adalah faktor ibu, salah satunya adalah paritas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan paritas dengan kejadian abortus di ruang bersalin RSUD. Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.

Metode Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, besar sampel adalah 122 orang.

Hasil. Diperoleh hasil bahwa kategori ibu paritas aman (45,9%), paritas tidak aman (54,1%), dari analisis kejadian abortus kejadian abortus spontan (97,5%), abortus provokatus (2,5%). Pembahasan. Berdasarkan analisis SPSS dengan = 0,05 didapatkan nilai p = 0,562, berarti tidak ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan kejadian abortus. Hal ini dikarenakan paritas bukan faktor utama penyebab abortus, ada faktor-faktor lain yang tidak diungkap pada penelitian ini.
Kata kunci : Paritas, Abortus Spontan, Abortus Provokatus.

 


Full Text:

PDF

References


Sukriani, Wahidah dan Sulistyaningsih. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Abortus Spontan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, Vol.6, No.1, Juni, p.10-15.

Wiknjosastro, Hanifa. 2006. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yaysan Bina Pustaka Sarwono.

Anshor, Maria Ulfah. 2006. Fikih Aborsi – Wacana Penguatan Hak Reproduksi Perempuan. Jakarta: Kompas.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rochjati, Poedji. 2003. Skrining Antenatal Pada Ibu Hamil. Surabaya: Airlangga University Press.

Cunningham, F. Gary, et al. 2005. Obstetric Williams Edisi 21. Jakarta: EGC.

Mulyati, Siti. 2003. Hubungan Riwayat Infeksi Saluran Reproduksi dengan Kejadian Abortus Spontan di LimaRumah Sakit Wilayah DKI Jakarta tahun 2002. Jakarta : -


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Dede Mahdiyah, Dwi Rahmawati, Ayu Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.