HUBUNGAN PESAN IKLAN “MEROKOK MEMBUNUHMU†DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA DI SMP NEGERI 29 BANJARMASIN
Abstract
Latar Belakang: Di Indonesia konsumsi rokok 6,6% dari konsumsi dunia. Yang memprihatinkan dari 3 juta remaja merokok 20% adalah anak SMP dan tiga tahun terakhir 30% dari jumlah anak SMP adalah perokok aktif. Untuk mengimbangi gencarnya marketing industri rokok dalam memasarkan produknya pemerintah mengeluarkan peraturan baru yang salah satunya adalah membuat pesan “merokok membunuhmuâ€.
Tujuan: Untuk menganalisis hubungan pesan iklan “merokok membunuhmu†dengan perilaku merokok pada siswa di SMP Negeri 29 Banjarmasin.
Metode: Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa laki-laki dan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner pesan iklan “merokok membunuhmu†dan perilaku merokok, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman Rank (Rho) dengan nilai signifikan p<0.05.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pesan iklan “merokok membunuhmu†diperhatikan oleh responden sebesar 96,1% dan perilaku merokok dalam kategori tidak merokok sebesar 43,1%. Uji korelasi Spearman Rank diperoleh hasil p=0.360>0.05 dengan hasil r= -0.131 yang bermakna tidak ada hubungan antara pesan iklan “merokok membunuhmu†dengan perilaku merokok.Â
Simpulan: Tidak ada Hubungan pesan iklan “merokok membunuhmu†dengan perilaku merokok pada siswa di SMP Negeri 29 Banjarmasin.
Kata Kunci: Pesan iklan “merokok membunuhmuâ€, perilaku merokok, siswa.
Full Text:
PDFReferences
Friska S. Daju, Jootje M.L Umboh, Joy A.M
Rattu. 2013. Hubungan antara Tingkat
Pengetahuan dan Sikap tentang Bahaya
Merokok dengan Tindakan
Pencegahannya di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Islam Yapim Manado.
Jurnal, FKM.Univ.SamRatulangi.
Kementrian Kesehatan RI. 2013. Riset
Kesehatan Dasar 2013. [Internet]
[http://www.litbang.depkes.go.id/sites/d
ownload/materi_pertemuan/launch_risk
esdes/] Diakses pada tanggal 13
Oktober 2014].
World Health Organization (WHO). 2009.
[internet] [http://
http://www.searo.who.int/entity/nonco
mmunicable_diseases/data/ diakses
tanggal 23 Oktober 2014]
Irdan. 2008. Studi Perilaku Merokok Remaja
di SMP Amanna Gappa.
FKM.Univ.Hassanudin Makassar.
Rahman, Ananda US. 2012. Pengaruh Iklan
Media Luar Ruang terhadap Perilaku
Merokok Siswa di SMA Negeri 2
Medan. Skripsi, USU.
Jayanti, Dwi Indah Permata. 2014. Sikap
Remaja Surabaya terhadap Pesan
Bahaya Merokok di Media Televisi
(Studi Deskriptif Kuantitatif Sikap
Remaja Terhadap Pesan Peringatan
Kesehatan Bahaya Merokok “Merokok
Membunuhmu†dalam Iklan Rokok).
Skripsi, UPN Jawa Timur.
Ginting, Tarianna. 2011. Pengaruh Iklan
rokok di Televisi terhadap perilaku
merokok Siswa SMP di SMP Swasta
Dharma Bakti Medan. [tesis]. Medan:
Universitas Sumatera Utara.
Nasir, Abdul et al. 2011. Komunikasi dalam
keperawatan teori dan aplikasi. Jakarta:
Salemba Medika.
Kompas. 2014. Remaja Merokok karena
Terpengaruh Iklan. [internet]
[http://health.kompas.com/read/2014/10
/11/121000623/Remaja.Merokok.karen
a.Terpengaruh.Iklan/ diakses 12
Oktober 2014].
Lindawati. (2012). Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Perilaku Merokok
Siswa-Siswi SMP di Daerah Jakarta
Selatan Tahun 2011. Jurnal, Poltekkes
Kemenkes Jakarta Jurusan
Keperawatan.
Gusti. 2013. Faktor yang Mempengaruhi
Jumlah Rokok yang Dihisap perhari
pada Remaja Pria di SMA Negeri 1
Bungku Selatan Kecamatan Bungku
Selatan Kabupaten Morowali di
Sulawesi Tengah Tahun 2013. Jurnal,
UNHAS.
Mu’tadin, Z. 2002. Kemadirian sebagai
kebutuhan psikologis pada remaja.
[internet] [http://www.epsikologi.
com/remaja.050602.htm/
diakses 26 Desember 2014].
Muntaha, Sidhotul. 2011. Dinamika Perilaku
Merokok Pada Remaja Ditinjau Dari
Pengaruh Teman Sebaya Dan Terpaan
Iklan Rokok. Skripsi. UMS.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Anggrita Sari, Syamsul Firdaus, Muhammad Andri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.