HUBUNGAN PESAN IKLAN “MEROKOK MEMBUNUHMU†DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA DI SMP NEGERI 29 BANJARMASIN

Anggrita Sari, Syamsul Firdaus, Muhammad Andri

Abstract


Latar Belakang: Di Indonesia konsumsi rokok 6,6% dari konsumsi dunia. Yang memprihatinkan dari 3 juta remaja merokok 20% adalah anak SMP dan tiga tahun terakhir 30% dari jumlah anak SMP adalah perokok aktif. Untuk mengimbangi gencarnya marketing industri rokok dalam memasarkan produknya pemerintah mengeluarkan peraturan baru yang salah satunya adalah membuat pesan “merokok membunuhmuâ€.

Tujuan: Untuk menganalisis hubungan pesan iklan “merokok membunuhmu†dengan perilaku merokok pada siswa di SMP Negeri 29 Banjarmasin.

Metode: Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa laki-laki dan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner pesan iklan “merokok membunuhmu†dan perilaku merokok, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman Rank (Rho) dengan nilai signifikan p<0.05.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pesan iklan “merokok membunuhmu†diperhatikan oleh responden sebesar 96,1% dan perilaku merokok dalam kategori tidak merokok sebesar 43,1%. Uji korelasi Spearman Rank diperoleh hasil p=0.360>0.05 dengan hasil r= -0.131 yang bermakna tidak ada hubungan antara pesan iklan “merokok membunuhmu†dengan perilaku merokok. 

Simpulan: Tidak ada Hubungan pesan iklan “merokok membunuhmu†dengan perilaku merokok pada siswa di SMP Negeri 29 Banjarmasin.

Kata Kunci: Pesan iklan “merokok membunuhmuâ€, perilaku merokok, siswa.


Full Text:

PDF

References


Friska S. Daju, Jootje M.L Umboh, Joy A.M

Rattu. 2013. Hubungan antara Tingkat

Pengetahuan dan Sikap tentang Bahaya

Merokok dengan Tindakan

Pencegahannya di Sekolah Menengah

Pertama (SMP) Islam Yapim Manado.

Jurnal, FKM.Univ.SamRatulangi.

Kementrian Kesehatan RI. 2013. Riset

Kesehatan Dasar 2013. [Internet]

[http://www.litbang.depkes.go.id/sites/d

ownload/materi_pertemuan/launch_risk

esdes/] Diakses pada tanggal 13

Oktober 2014].

World Health Organization (WHO). 2009.

[internet] [http://

http://www.searo.who.int/entity/nonco

mmunicable_diseases/data/ diakses

tanggal 23 Oktober 2014]

Irdan. 2008. Studi Perilaku Merokok Remaja

di SMP Amanna Gappa.

FKM.Univ.Hassanudin Makassar.

Rahman, Ananda US. 2012. Pengaruh Iklan

Media Luar Ruang terhadap Perilaku

Merokok Siswa di SMA Negeri 2

Medan. Skripsi, USU.

Jayanti, Dwi Indah Permata. 2014. Sikap

Remaja Surabaya terhadap Pesan

Bahaya Merokok di Media Televisi

(Studi Deskriptif Kuantitatif Sikap

Remaja Terhadap Pesan Peringatan

Kesehatan Bahaya Merokok “Merokok

Membunuhmu†dalam Iklan Rokok).

Skripsi, UPN Jawa Timur.

Ginting, Tarianna. 2011. Pengaruh Iklan

rokok di Televisi terhadap perilaku

merokok Siswa SMP di SMP Swasta

Dharma Bakti Medan. [tesis]. Medan:

Universitas Sumatera Utara.

Nasir, Abdul et al. 2011. Komunikasi dalam

keperawatan teori dan aplikasi. Jakarta:

Salemba Medika.

Kompas. 2014. Remaja Merokok karena

Terpengaruh Iklan. [internet]

[http://health.kompas.com/read/2014/10

/11/121000623/Remaja.Merokok.karen

a.Terpengaruh.Iklan/ diakses 12

Oktober 2014].

Lindawati. (2012). Faktor-faktor yang

Mempengaruhi Perilaku Merokok

Siswa-Siswi SMP di Daerah Jakarta

Selatan Tahun 2011. Jurnal, Poltekkes

Kemenkes Jakarta Jurusan

Keperawatan.

Gusti. 2013. Faktor yang Mempengaruhi

Jumlah Rokok yang Dihisap perhari

pada Remaja Pria di SMA Negeri 1

Bungku Selatan Kecamatan Bungku

Selatan Kabupaten Morowali di

Sulawesi Tengah Tahun 2013. Jurnal,

UNHAS.

Mu’tadin, Z. 2002. Kemadirian sebagai

kebutuhan psikologis pada remaja.

[internet] [http://www.epsikologi.

com/remaja.050602.htm/

diakses 26 Desember 2014].

Muntaha, Sidhotul. 2011. Dinamika Perilaku

Merokok Pada Remaja Ditinjau Dari

Pengaruh Teman Sebaya Dan Terpaan

Iklan Rokok. Skripsi. UMS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Anggrita Sari, Syamsul Firdaus, Muhammad Andri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.