ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI IGD PONEK RSUD dr. DORIS SYLVANUS PALANGKA RAYA
Abstract
Latar belakang: Rumah sakit pemerintah sebagai pusat pelayanan kesehatan diharapkan dapat membantu pemerintah dalam akselerasi penurunan angka kematian ibu dan bayi. Ketidakpuasan pasien terhadap kualitas kinerja pelayanan rumah sakit, khususnya pelayanan kebidanan berdampak kepada kepercayaan masyarakat terhadap tenaga kesehatan.
Tujuan: Mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan di IGD PONEK RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya ditinjau dari 5 dimensi kualitas jasa, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik.
Metode: Deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian adalah semua pasien yang datang ke IGD PONEK. Jumlah sampel 13 orang, terdiri dari 5 orang informan utama dan 8 orang informan triangulasi. Pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi.Tehnik pengolahan dan analisis data melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil: Keramahan bidan menjadi penilaian penting kepuasan pasien dalam interaksi antara bidan dan pasien. Pasien mengharapkan petugas di rumah sakit dapat melayani pasien dengan senyum, ramah dan baik sesuai motto rumah sakit “Bajenta Bajorahâ€. IGD PONEK merupakan pintu awal masuk pasien di mana pasien pertama kali diterima dan dilayani, sehingga jika petugas sudah ramah dalam menerima pasien, maka pasien menjadi siap, tidak takut dan percaya untuk menerima tindakan selanjutnya.
Kesimpulan: Kepuasan pasien terhadap pelayanan di IGD PONEK dari dimensi daya tanggap yaitu keramahan dirasakan masih kurang baik, karena harapan pasien terhadap keramahan bidan sangat tinggi dan mempengaruhi sikap pasien terhadap tindakan selanjutnya.
Kata kunci: Bidan, Kepuasan Pasien, 5 Dimensi Kualitas Jasa
Full Text:
PDFReferences
Dahlan, M. S. (2014). Pintu Gerbang Memahami Statistik, Metodologi dan Epidemiologi.
Jakarta : Segung Seto.
Depkes RI. (2012). Survey Demografi Angka Kematian Ibu (AKI).
Jakarta : Departemen Kesehatan Republik
Indonesia.
Gulardi, W. dan George, A. (2008). Paket Pelatihan Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK), Supervisi Fasilitatif (OJT) Bagi Tenaga Kesehatan.
Jakarta : JNPK-KR, POGI, IDAI.
Kepmenkes RI. (2011). Pelayanan Obstetri dan
Neonatal Emergensi Komprehensif.
Jakarta : Departemen Kesehatan
Republik Indonesia.
Supranto, J. (2009). Proposal Penelitian dengan Contoh.
Jakarta : Universitas Indonesia.
(2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Mengukur Pangsa Pasar.
Jakarta : Rineka Cipta.
Pengurus Pusat IBI. (2016). Modul Midwifery Update. Jakarta: Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia
Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Jakarta : Rineka Cipta.
Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Edisi 2). Jakarta : Salemba Medika.
Tjiptono, F. & Chandra. G. (2009). Service,
Quality and Satisfaction.
Yogyakarta : ANDI
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Istiqomah Istiqomah, Fadhiyah Noor Anisa, Sari F Febrianti Matandung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.