PENGARUH PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA TINGKAT II DI AKBID SARI MULIA BANJARMASIN
Abstract
Latar Belakang: Pendidikan mempunyai peranan besar dalam memberikan kontribusi terhadappembangunan dan kemajuan bangsa. Keadaan persaingan yang cukup kompetitif antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu serta unggul dalam persaingan tersebut. Inti kegiatan suatu perguruan tinggi adalah proses belajar mengajar. Mutu belajar mahasiswa serta para lulusan banyak ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan PBM tersebut. Sangat penting bagi pengelola perguruan tinggi untuk mendapatkan umpan balik tentang kualitas/mutu yang diberikan dari sudut pandang penilaian mahasiswa itu sendiri.
Tujuan: Menganalisis Pengaruh Mutu Proses Belajar Mengajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Tingkat II Di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Metode: Penelitian survei analitik, rancangan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah 105 orang. Sampel 51 responden dengan tehnik proportionate stratified random sampling. Analisis Bivariat menggunakan Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95% atau α (0,05) dan Analisis Multivariat menggunakan Regresi Logistik Berganda.
Hasil: Hasil Chi Square dari 5 dimensi mutu terhadap kepuasan mahasiswa diperoleh nilai p>α, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh mutu proses belajar mengajar terhadap kepuasan mahasiswa dipandang dari 5 dimensi mutu. Dan hasil regresi logistik berganda ada pengaruh bersama-sama antara variabel responsiveness, reliability, assurance, emphaty dan variabel tangibles
terhadap kepuasan mahasiswa tingkat II, dan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah variabel emphaty.
Simpulan: Ada pengaruh secara bersama-sama antara variabel responsiveness, reliability, assurance, emphaty dan variabel tangibles terhadap kepuasan mahasiswa tingkat II di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin, dan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah variabel emphaty.
Kata Kunci: Mutu, Proses belajar mengajar, Kepuasan, Pengaruh Mutu
Full Text:
UntitledReferences
Djamarah. 2010. Faktor-faktor yang
mempengaruhi proses belajar
mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Aziz Alimul. 2007. Riset
Keperawatan dan Teknik Penulisan
Ilmiah Edisi 2. Jakarta: Salemba
Medika.
Iswani, Anneke. 2011. Analisis Faktor-Faktor
Kepuasan Mahasiswa Terhadap
Pelayanan Universitas Islam Bandung
Sebagai Institusi Pendidikan Tinggi.
ISSN 2089-3590.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2013.
Prinsip – Prinsip Pemasaran. NJ:
Pearson Education.
Loyola, Icnasius A.P. 2013. Pengaruh kualitas
layanan akademik terhadap kepuasan
mahasiswa pada fakultas ekonomi dan
bisnis universitas Hasanuddin. [skripsi].
Makasar: Universitas Hasanuddin
Makassar.
Mahmud, Marzuki. 2012. Manajemen Mutu
Perguruan Tinggi. Jakarta: PT
RajaGrafido Persada.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Simamora, Henry. 2007. Manajemen Sumber
Daya Manusia. STIE YKPN.
Yogyakarta.
Supranto, J. 2010. Pengukuran Tingkat
Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan
Pangsa Pasar, Edisi Baru. Jakarta:
Rineka Cipta.
Widodo, Joko. 2007. Supervisi Guru Mata
Pelajaran Ekonomi Di Indonesia:
Antara Teori Dan Realita. Jurnal
Pendidikan Ekonomi. 2(2).
Winarsih, Sri. 2007. Pengaruh persepsi mutu
pembelajaran laboratorium kebidanan
terhadap kepuasan mahasiswa di prodi
kebidanan magelang [tesis]. Semarang:
Universitas Diponogoro.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Ahmad Hidayat, Novalia Widiya Ningrum, Nadya Amalia Shaleha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.