PENGARUH PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA TINGKAT II DI AKBID SARI MULIA BANJARMASIN

Ahmad Hidayat, Novalia Widiya Ningrum, Nadya Amalia Shaleha

Abstract


Latar Belakang: Pendidikan mempunyai peranan besar dalam memberikan kontribusi terhadappembangunan dan kemajuan bangsa. Keadaan persaingan yang cukup kompetitif antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu serta unggul dalam persaingan tersebut. Inti kegiatan suatu perguruan tinggi adalah proses belajar mengajar. Mutu belajar mahasiswa serta para lulusan banyak ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan PBM tersebut. Sangat penting bagi pengelola perguruan tinggi untuk mendapatkan umpan balik tentang kualitas/mutu yang diberikan dari sudut pandang penilaian mahasiswa itu sendiri.
Tujuan: Menganalisis Pengaruh Mutu Proses Belajar Mengajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Tingkat II Di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Metode: Penelitian survei analitik, rancangan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah 105 orang. Sampel 51 responden dengan tehnik proportionate stratified random sampling. Analisis Bivariat menggunakan Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95% atau α (0,05) dan Analisis Multivariat menggunakan Regresi Logistik Berganda.

Hasil: Hasil Chi Square dari 5 dimensi mutu terhadap kepuasan mahasiswa diperoleh nilai p>α, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh mutu proses belajar mengajar terhadap kepuasan mahasiswa dipandang dari 5 dimensi mutu. Dan hasil regresi logistik berganda ada pengaruh bersama-sama antara variabel responsiveness, reliability, assurance, emphaty dan variabel tangibles
terhadap kepuasan mahasiswa tingkat II, dan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah variabel emphaty.
Simpulan: Ada pengaruh secara bersama-sama antara variabel responsiveness, reliability, assurance, emphaty dan variabel tangibles terhadap kepuasan mahasiswa tingkat II di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin, dan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah variabel emphaty.

Kata Kunci: Mutu, Proses belajar mengajar, Kepuasan, Pengaruh Mutu


Full Text:

Untitled

References


Djamarah. 2010. Faktor-faktor yang

mempengaruhi proses belajar

mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, Aziz Alimul. 2007. Riset

Keperawatan dan Teknik Penulisan

Ilmiah Edisi 2. Jakarta: Salemba

Medika.

Iswani, Anneke. 2011. Analisis Faktor-Faktor

Kepuasan Mahasiswa Terhadap

Pelayanan Universitas Islam Bandung

Sebagai Institusi Pendidikan Tinggi.

ISSN 2089-3590.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2013.

Prinsip – Prinsip Pemasaran. NJ:

Pearson Education.

Loyola, Icnasius A.P. 2013. Pengaruh kualitas

layanan akademik terhadap kepuasan

mahasiswa pada fakultas ekonomi dan

bisnis universitas Hasanuddin. [skripsi].

Makasar: Universitas Hasanuddin

Makassar.

Mahmud, Marzuki. 2012. Manajemen Mutu

Perguruan Tinggi. Jakarta: PT

RajaGrafido Persada.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Simamora, Henry. 2007. Manajemen Sumber

Daya Manusia. STIE YKPN.

Yogyakarta.

Supranto, J. 2010. Pengukuran Tingkat

Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan

Pangsa Pasar, Edisi Baru. Jakarta:

Rineka Cipta.

Widodo, Joko. 2007. Supervisi Guru Mata

Pelajaran Ekonomi Di Indonesia:

Antara Teori Dan Realita. Jurnal

Pendidikan Ekonomi. 2(2).

Winarsih, Sri. 2007. Pengaruh persepsi mutu

pembelajaran laboratorium kebidanan

terhadap kepuasan mahasiswa di prodi

kebidanan magelang [tesis]. Semarang:

Universitas Diponogoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Ahmad Hidayat, Novalia Widiya Ningrum, Nadya Amalia Shaleha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Keperawatan

E-ISSN : 2549-4058

p-ISSN : 2086-3454