PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR ASUHAN KEHAMILAN PADA MAHASISWA KEBIDANAN TINGKAT I DI AKADEMI KEBIDANAN SARI MULIA BANJARMASIN
Abstract
Latar Belakang: Hasil belajar siswa merupakan suatu proses pembelajaran dan evaluasi dari pembelajaran yang diberikan. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa perlu adanya suatu inovasi.
Proses pembelajaran menuntut mahasiswa untuk berperan aktif dan memerlukan pemahaman dan penalaran mahasiswa dalam belajar. Inovasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT.Â
Tujuan: Menganalisis pengaruh metode pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar asuhan kehamilan pada mahasiswa kebidanan tingkat I di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin
Metode: Jenis Penelitian Pra-eksperimen dengan design One group pretest-posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah 105 mahasiswa. Sampel 20 mahasiswa dengan teknik Simple Random Sampling. Analisis Bivariat menggunakan Wilcoxon sign test (p =0,05)
Hasil: Pembelajaran Asuhan Kehamilan dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif NHT efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dari pretest ke posttest. Hasil analisis Wilcoxon sign test menunjukkan p=0,00, yang memiliki makna p<0,05, bahwa ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif NHT terhadap hasil belajar asuhan kehamilan pada mahasiswa tingkat I di Akademi Kebidanan Sari Mulia BanjarmasinÂ
Simpulan: Metode pembelajaran kooperatif Numbered Heaads Together berpengaruh terhadap hasil belajar asuhan kehamilan pada mahasiswa tingkat I di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin
Kata Kunci: Metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Asuhan,Kehamilan
Full Text:
UntitledReferences
Anni, Catharina T. 2007. Psikologi Belajar.
Semarang: UNNES.
Azizah, N, 2007. Keefektifan penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe
NHT (numbered-heads-together)
dengan pemanfaatan LKS (lembar
kerja siswa) pada pokok bahasan
bangun ruang sisi datar (kubus dan
balok) siswa kelas VIII semester 2
SMPN 6 Semarang tahun pelajaran
/2007 [skripsi]. Semarang:
Universitas Negeri Semarang.
Cucuani, Hijriyati. Aryani, Linda. Marettih,
Anggia Kargenti Evanurul. & Fitri,
Ahyani Radhiani. 2012. Efektivitas
metode pembelajaran terhadap prestasi
belajar psikologi eksperimen pada
mahasiswa Fakultas Psikologi UIN
Suska Riau. Jurnal Psikologi. 8(2): 99-
Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia.
Hartini, Tri. 2013. Pengaruh metode
pembelajaran kooperatif numbered
heads together (NHT) terhadap hasil
belajar askeb I pada mahasiswa DIII.
kebidanan semester II Akbid
Paguwarmas Cilacap
[skripsi].Yogyakarta: Sekolah Tinggi
Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah. [Internet].
Tersedia dalam
http://opac.say.ac.id/1432/1/Naskah%2
Publikasi%20tri%20hartini.pdf.
[diunduh 3 Maret 2016].
Hidayat,A. Alimul Aziz. 2011. Metode
Penelitian Kebidanan dan Teknik
Analisis Data. Jakarta: Salemba
Medika.
Isjoni dan Mohd. Arif Ismail. 2008. Model-
Model Pembelajaran Mutakhir.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muchicth, S. 2008. Pembelajaran Kontekstual.
Semarang: Rasail Media Group.
Mufid, M. 2007. Meningkatkan hasil belajar
matematika pada pokok bahasan
operasi hitung bentuk aljabar melalui
model pembelajaran kooperatif tipe
numbered heads together(nht) pada
siswa kelas VII-a MTS Islamiyah
Sumpiuh Banyumas tahun pelajaran
/2007 [skripsi]. Semarang:
Universitas Negeri Semarang.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi.
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Pribadi, Benny A.2009. Model Desain Sistem
Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian
Rakyat.
Slavin, E. Robert. 2009. Cooperative Learning
Teori, Riset dan Praktik. Bandung:
Nusa Media.
Sugiyono.2012. Metode Statistik untuk
Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto. 2006. Efektifitas penggunaan modul
pembelajaran interaktif untuk
meningkatakan prestasi belajar
siswa bidang keahlian teknik mesin.
Jurnal PTM. 6(1).33-39.
Supartiningsih, Titik. 2009. Peningkatan
pemahaman konsep permintaan dan
penawaran melalui pendekatan NHT
pada siswa kelas X TKBB SMK 1
Blora Tahun 2009 [skripsi].
[internet]. Tersedia dalam
http://opac.say.ac.id/1432/1/Naskah%
Publikasi%20tri%20Supartiningsih.pd
f [diunduh 3 Maret 2016].
Suprijono, Agus.2013. Cooperative Learning.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2007. Model–Model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 RR. Dwi Sogi Sri Redjeki, Fitri Yuliana, Hairiana Kusvitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.