PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR ASUHAN KEHAMILAN PADA MAHASISWA KEBIDANAN TINGKAT I DI AKADEMI KEBIDANAN SARI MULIA BANJARMASIN

RR. Dwi Sogi Sri Redjeki, Fitri Yuliana, Hairiana Kusvitasari

Abstract


Latar Belakang: Hasil belajar siswa merupakan suatu proses pembelajaran dan evaluasi dari pembelajaran yang diberikan. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa perlu adanya suatu inovasi.
Proses pembelajaran menuntut mahasiswa untuk berperan aktif dan memerlukan pemahaman dan penalaran mahasiswa dalam belajar. Inovasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT. 

Tujuan: Menganalisis pengaruh metode pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar asuhan kehamilan pada mahasiswa kebidanan tingkat I di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin

Metode: Jenis Penelitian Pra-eksperimen dengan design One group pretest-posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah 105 mahasiswa. Sampel 20 mahasiswa dengan teknik Simple Random Sampling. Analisis Bivariat menggunakan Wilcoxon sign test (p =0,05)
Hasil: Pembelajaran Asuhan Kehamilan dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif NHT efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dari pretest ke posttest. Hasil analisis Wilcoxon sign test menunjukkan p=0,00, yang memiliki makna p<0,05, bahwa ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif NHT terhadap hasil belajar asuhan kehamilan pada mahasiswa tingkat I di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin 

Simpulan: Metode pembelajaran kooperatif Numbered Heaads Together berpengaruh terhadap hasil belajar asuhan kehamilan pada mahasiswa tingkat I di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin
Kata Kunci: Metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Asuhan,Kehamilan


Full Text:

Untitled

References


Anni, Catharina T. 2007. Psikologi Belajar.

Semarang: UNNES.

Azizah, N, 2007. Keefektifan penggunaan

model pembelajaran kooperatif tipe

NHT (numbered-heads-together)

dengan pemanfaatan LKS (lembar

kerja siswa) pada pokok bahasan

bangun ruang sisi datar (kubus dan

balok) siswa kelas VIII semester 2

SMPN 6 Semarang tahun pelajaran

/2007 [skripsi]. Semarang:

Universitas Negeri Semarang.

Cucuani, Hijriyati. Aryani, Linda. Marettih,

Anggia Kargenti Evanurul. & Fitri,

Ahyani Radhiani. 2012. Efektivitas

metode pembelajaran terhadap prestasi

belajar psikologi eksperimen pada

mahasiswa Fakultas Psikologi UIN

Suska Riau. Jurnal Psikologi. 8(2): 99-

Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia.

Hartini, Tri. 2013. Pengaruh metode

pembelajaran kooperatif numbered

heads together (NHT) terhadap hasil

belajar askeb I pada mahasiswa DIII.

kebidanan semester II Akbid

Paguwarmas Cilacap

[skripsi].Yogyakarta: Sekolah Tinggi

Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah. [Internet].

Tersedia dalam

http://opac.say.ac.id/1432/1/Naskah%2

Publikasi%20tri%20hartini.pdf.

[diunduh 3 Maret 2016].

Hidayat,A. Alimul Aziz. 2011. Metode

Penelitian Kebidanan dan Teknik

Analisis Data. Jakarta: Salemba

Medika.

Isjoni dan Mohd. Arif Ismail. 2008. Model-

Model Pembelajaran Mutakhir.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muchicth, S. 2008. Pembelajaran Kontekstual.

Semarang: Rasail Media Group.

Mufid, M. 2007. Meningkatkan hasil belajar

matematika pada pokok bahasan

operasi hitung bentuk aljabar melalui

model pembelajaran kooperatif tipe

numbered heads together(nht) pada

siswa kelas VII-a MTS Islamiyah

Sumpiuh Banyumas tahun pelajaran

/2007 [skripsi]. Semarang:

Universitas Negeri Semarang.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi.

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Pribadi, Benny A.2009. Model Desain Sistem

Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian

Rakyat.

Slavin, E. Robert. 2009. Cooperative Learning

Teori, Riset dan Praktik. Bandung:

Nusa Media.

Sugiyono.2012. Metode Statistik untuk

Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. 2006. Efektifitas penggunaan modul

pembelajaran interaktif untuk

meningkatakan prestasi belajar

siswa bidang keahlian teknik mesin.

Jurnal PTM. 6(1).33-39.

Supartiningsih, Titik. 2009. Peningkatan

pemahaman konsep permintaan dan

penawaran melalui pendekatan NHT

pada siswa kelas X TKBB SMK 1

Blora Tahun 2009 [skripsi].

[internet]. Tersedia dalam

http://opac.say.ac.id/1432/1/Naskah%

Publikasi%20tri%20Supartiningsih.pd

f [diunduh 3 Maret 2016].

Suprijono, Agus.2013. Cooperative Learning.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model–Model Pembelajaran

Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 RR. Dwi Sogi Sri Redjeki, Fitri Yuliana, Hairiana Kusvitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.