Perubahan Pola Haid Saat Ujian Pada Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Darmo Tahun 2023

Julaiha Siregar, Karsana Karsana

Abstract


Latar Belakang: Haid merupakan proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan perdarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan kecuali pada saat kehamilan. Siklus haid wanita sangat mudah dipengaruhi oleh suasana kehidupannya yang berhubungan dengan sistem saraf pusat dengan panca indra, sistem hormonal, perubahan pada ovarium, dan uterus, serta rangsangan estrogen dan progesterone pada panca indra langsung pada hipotalamus dan melalui perubahan emosi.

Tujuan:untuk mengetahui perubahan pola haid Mahasiswi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Darmo sebelum dan sesudah ujian.

Metode: Desain penelitian adalah quasy eksperiment dengan one-group pre-test post-test. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 33 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampel. Analisa data yang digunakan adalah uji t-dependen. Dari hasil uji t-dependen disimpulkan ada perubahan siklus haid yang signifikan sebelum dan sesudah ujian (nilai P = 0,000). Juga dapat disimpulkan ada perubahan lamanya haid responden yang signifikan sebelum dan sesudah ujian (nilai P = 0,008). Dan ada perubahan jumlah perdarahan haid yang signifikan sebelum dan sesudah ujian (nilai P = 0,030).

Hasil penelitian ini diketahui bahwa siklus haid, lamanya haid dan banyaknya perdarahan yang dialami selama haid mempengaruhi perubahan pola haid dan juga dapat diketahui bahwa ada perubahan pola haid pada Mahasiswi sebelum dan sesudah ujian yang dilihat berdasarkan siklus haid, lamanya haid dan banyaknya perdarahan yang dialami selama haid. Jadi,

Kesimpulan: penting bagi Mahasiswi untuk lebih mengenal tanda perubahan siklus haid yang dialami agar dapat membantu mengetahui perubahan pola haid yang mungkin terjadi dan memperkirakan siklus haid yang datang.

Background: Menstruation is the process of shedding the uterine wall (endometrium) accompanied by bleeding and occurs repeatedly every month except during pregnancy. A woman's menstrual cycle is very easily influenced by the atmosphere of her life related to the central nervous system with five senses, the hormonal system, changes in the ovaries, and uterus, as well as estrogen and progesterone stimulation in the five senses directly on the hypothalamus and through emotional changes.
Objective: to determine changes in menstrual patterns of college students at Darmo College of Health Sciences before and after the exam.
Methods: The research design was a quasy experiment with one-group pre-test post-test. The number of samples in the study was 33 people. Sampling was done using purposive sampling. Data analysis used is t-dependent test. From the results of the t-dependent test, it was concluded that there were significant changes in the menstrual cycle before and after the test (P value = 0.000). It can also be concluded that there is a significant change in the length of menstruation of respondents before and after the exam (P value = 0.008). And there is a significant change in the amount of menstrual bleeding before and after the exam (P value = 0.030).
Result: The results of this study showed that the menstrual cycle, duration of menstruation and the amount of bleeding experienced during menstruation affect changes in menstrual patterns and it can also be seen that there are changes in menstrual patterns in college students before and after the exam seen based on the menstrual cycle, duration of menstruation and the amount of bleeding experienced during menstruation. So,
Conclusion: it is important for students to be more familiar with the signs of changes in the menstrual cycle experienced in order to help recognize changes in menstrual patterns that may occur and predict the upcoming menstrual cycle.


Keywords


Perubahan pola haid, siklus haid, lamanya haid, jumlah perdarahan selama haid

References


alamah, Ummi dan Suyato. (2019). Riset Kebidanan ; Metodologi dan Aplikakasi. Yogyakarta : Mitra Cendikia.

Anonim, (2013). Memahami Berbagai Macam Penyakit. Dialih Bahasakan Oleh Paramita. Jakarta: PT Indeks.

Arikunto, (2016). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2022). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atikah Rahayu. (2017). Kesehatan Reproduksi Remaja & dan Lansia. Surabaya : Airlangga University Press.

Bahiyatun, (2019). Buku Ajar Kebidanan Asuhan Nifas Normal. Jakarta: EGC Notoatmodjo, Soekidjo, 2010. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahiyun, (2020). Pengertian Ibu Nifas. Jakarta.

Balai Penerbit FK UI. (2018). Masalah Gangguan Haid. Jakarta.

Bobak, at all. (2014). Keperawatan Maternitas. Jakarta : EGC.

Dartiwen, Aryanti. (2022). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Remaja dan Perimenopause. Yogyakarta :Deepublish .

Diah, W. (2021). Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Hidayat, A.A. (2020). Metode penelitian kebidanan teknik analisa data. Jakarta : Salemba Medika.

Jones, Llewellyn, Derek, (2015). Setiap Wanita. Jakarta : Delapratasa.

Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Manuaba, Ida, Ayu. (2018). Obstetri-ginekologi sosial untuk Profesi Bidan. Jakarta : EGC.

Mayasari, Febriyanti, Primadevi. (2021). Kesehatan Reproduksi wanita di Sepanjang Daur Kehidupan. Aceh : Syah Kuala University Press.

Nantoro, (2023). Haid Terus Menerus. diambil 23 Desember 2023, dari http://kuliah.wordpress.com.

Nelwan, Ester, Jeine, (2019). Epidemiologi Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam, (2018). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Pinem, Saroha. (2019). Kesehatan Reproduksi dan kontrasepsi. Jakarta : TIM.

Poltekkes Depkes RI. (2020). Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Jakarta : Salemba Medika.

Prawirohardjo, S. (2015). Ilmu Kebidanan.Yogyakarta : Yayasan Bina Pustaka S.

Prawiroharjo, Sarwono. (2023). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Bina Pustaka.

Purwoastuti, Walyani, (2021). Ilmu Obstetri & Ginekologi Sosial Untuk Kebidanan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sarwono Prawiroharjo, (2018). Buku Acuan Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Antenatal. Jakarta: JNPKKR-POGI.

Shreeve, C. (2023). Sindrom Pramenstruasi, Penderitaan yang dapat diatasi. Jakarta : Arcan.

Suryono, (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Tim Penyusun Program D-IV USU. (2020). Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Medan : tidak dipublikasika

Walsh, V. (2017). Buku Ajar KebidananKomunitas.Jakarta : EGC

Widyastuti, Yani. (2019). Kesehatan reproduksi. Yogyakarta : Fitramaya.

Wirenviona, Riris. (2020). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Surabaya : Airlangga University Press

YPKP bekerjasama dengan pusat pendidikan tenaga kesehatan Depkes RI. (2019). Kesehatan Reproduksi. Jakarta.

Yuxie, (2023). Remaja Putri dan Siklus Menstruasi, Diambil 22 Desember 2023, dari http://yuxie.wordpress.com.




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v14i2.986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Julaiha Siregar, Karsana Karsana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.