Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Tentang Bullying Pada Siswa-Siswi Kelas X Di SMAN1 Palangka Raya
Abstract
Latar Belakang : Pengetahuan adalah pemahaman informasi tentang sesuatu yang diperoleh melalui pengalaman dan penelitian manusia, pengetahuan dapat mempengaruhi sikap seseorang, sikap merupakan aspek berpikir yang membentuk pola pikir spesifik setiap individu. Cara berpikir seperti ini mempengaruhi sikap kita terhadap aktivitas sehari-hari, sikap menentukan perilaku seseorang terhadap hubungannya dengan menilai suatu objek tertentu dan memberikan instruksi untuk perilaku selanjutnya. Bullying dianggap sebagai tindakan antagonis yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan maksud mengintimidasi atau menyakiti individu lain, bullying biasanya terjadi berulang kali dan membuat seseorang merasa tidak nyaman atau terekspos, perilaku bullying disebabkan ketidaktahuan para remaja.
Tujuan : untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap tentang bullying pada siswa-siswi kelas X di SMAN 1 Palangka Raya.
Metode: Desain penelitian ini yaitu korelasional dengan teknik total Sampling pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa siswi kelas X dengan total 38 responden pengunaan data menggunakan kuesioner yang sudah melalui uji validitas dan reliabilitas untuk analisis menggunakan uji Sperman Rank.
Hasil : Hasil analisis uji Sperman Rank didapatkan P Value = 0,00(≤0,05) maka H1 diterima dan Ho ditolak dengan nilai tingkat kekuatan hubungan diperoleh nilai .781 yang artinya korelasi sangat kuat antara variabel independen dan dependen.
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap tentang bullying pada siswa-siswi kelas X di SMAN 1 Palangka Raya. Disarankan agar hasil penelitian ini digunakan sebagai referensi diperpustakaan sekolah agar mempertimbangkan pembentukan dalam anti bullying disetiap sekolah.
Relationship between Knowledge Level and Attitude About Bullying Among Class X Students at SMAN 1 Palangka Raya
Background: Knowledge is the understanding of information about something obtained through human experience and research, knowledge can affect a person's attitude, attitude is an aspect of thinking that forms a specific mindset of each individual. This way of thinking affects our attitude towards daily activities, attitudes determine a person's behavior towards their relationship by assessing a particular object and providing instructions for further behavior. Bullying is considered an antagonistic action carried out by individuals or groups with the intention of intimidating or hurting other individuals, bullying usually occurs repeatedly and makes someone feel uncomfortable or exposed, bullying behavior is caused by ignorance of adolescents.
Objective: to analyze the relationship between the level of knowledge and attitude about bullying in class X students at SMAN 1 Palangka Raya.
Method: The design of this study is correlational with total sampling technique, the sampling in this study is class X students with a total of 38 respondents using data using a questionnaire that has gone through validity and reliability tests for analysis using the Sperman Rank test.
Results: The results of the Sperman Rank test analysis obtained P Value = 0.00 (≤0.05) then H1 is accepted and Ho is rejected with the value of the strength level of the relationship obtained a value of .781 which means a very strong correlation between the independent and dependent variables.
Conclusion: There is a relationship between the level of knowledge and attitude about bullying in class X students at SMAN 1 Palangka Raya. It is recommended that the results of this study be used as a reference in the school library to consider the formation of anti-bullying in every school.
Full Text:
Full Text PDF (Bahasa Indonesia)References
Adiputra I M.A. et al. (2021). Tekhnik Pengumpulan sampling dengan berbagai cara. pengumpulan sampling dengan berbagai cara yang hampir sama.
Agusti, D. 2020, ‘Dampak Bullying Terhadap Perilaku Siswa Studi Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi', Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Ainun Pudjiastami. 2020. Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Skripsi. Universitas Bosowa Makassar
Andriani, Linda, dan Yesi Maifita. “Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa-siswi kelas 8 (delapan) Di SMPN 6 PARIAMAN,” t.t.
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Avia, I., Yunike, Kusumawaty, I., & Handian, F. I. (2022). Penelitian keperawatan. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
A.Wawan dan Dewi M. 2019, Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia, Nuha Medika.
Ayu, W. D. (2022). Supervisi Keperawatan Dilengkapi dengan Hasil Penelitian https://books.google.co.id/books/about/SUPERVISI_KEPERAWATAN
Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66.
Dila Rukmi Octaviana, R. A. R. (2021). Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. 5(2), 143–159. https://doi.org/10.14341/conf23-24.09.21-55
Deva Prayunika, 2016, Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Bullying Di SMP Negeri 11 dan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Hasanah, R. (2020). Gambaran Perilaku Bullying Pada Remaja.
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Surabaya: Health Book Publishing
Ira et al, K. (2022). Panduan dan Point Pada Variabel. Pembelajaran Tentang Variabel Pada Tugas Akhir Studi.
Juhariya. (2022). Uji validitas dan reliabilitas kuisioner untuk mendapatkan pertanyaan yang valid. Deskriptif uji Validitas.
Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. Journal Community Service and Health Science, 1(3), 15–20.
Maudyhapsari, A. C. (2022). Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menempuh Mata Kuliah Skripsi di Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Mintasihradi, 2019. Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja. Mataram.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta:Salemba Medika
Notoatmodjo, 2020. Perilaku Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Permata, I., Sayyid, U. I. N., & Rahmatullah, A. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja; Studi Kasus pada Pelajar SMA Negri Palembang. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 3(1), 10–16. https://doi.org/10.30596/jisp.v3i1.8637
Rosadi, M. & Safrudin, M. . (2020). Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Pengetahuan dan Sikap tentang Bully pada Remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga. Borneo Student Research, 1(3), 2162–2167
Santosa, M. H., Wahyuni, S, Gunanda , I. W. S., Citrawati, N. K., Ambarsary, B. E. Rahmadhani, R., Mariati, Basetyono, T., Utami, W., Lania, W., Aryani, N. P., Hasanah, E. U., Suhartana, P., Clarinda, S., dan Karwati. 2022. Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Daring Guru-Guru di Indonesia. Bali : Nilacakra.
Shinta, B. Br. G. 2019. Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Masyarakat Tentang Swamedikasi Penyakit Diare Di Kelurahan Pekan Bahorok Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat. Karya Tulis Ilmiah. Medan.
Syafitri. (2021). Definisi Operasional. Cara dan Langkah operasional pada Tugas Akhir.
Sugiyono,(2020) Metode penelitian kualitatif.Bandung,Alfabeta
Trevi dkk, 2012,Sikap Siswa Kelas X Di SMK Tangerang Terhadap Bullying Jurnal Psikologi Volume 10 Nomor 1, Juni 2012, Universitas Esa Unggul, Jakarta https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1473
World Health Organization Youth Violence. https://www.who.int/news room/factsheets/detail/youthviolence. (2020). Di akses 26 Januari 2023
Yuliana. 2020. Dampak Bullying Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa (Studi Di Mts Laboratorium UIN STS Jambi) Skripsi. UIN STS Jambi
DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v15i2.980
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dian Mitra D.Silalahi, Septian Mugi Rahayu, Monika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.