Pengaruh Metode Pembekalan Terhadap Nilai Uji Kompetensi Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Keperawatan

Zaqyyah Huzaifah, Rohni Taufika Sari, Suci Fitri Rahayu

Abstract


Latar Belakang: Uji kompetensi adalah proses pengukuran pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi keperawatan. Menghadapi uji kompetensi pada tahun 2023 prodi DIII Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin membutuhkan strategi untuk mencapai tingkat kelulusan yang maksimal.

Tujuan: untuk mengetahui pengaruh metode pembekalan terhadap nilai uji kompetensi mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin tahun 2023. Subjek pada penelitian ini adalah peserta yang akan mengikuti uji kompetensi tahun 2023 sebanyak 22 orang.

 

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian Quasy Eksperiment dengan desain one group Pre and Post test design.

Hasil: uji statistik menggunakan uji wilcoxon didapatkan nilai p value 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari nilai α sehingga hipotesis diterima yaitu ada pengaruh metode pembekalan terhadap nilai uji kompetensi mahasiswa prodi DIII keperawatan tahun 2023.

Kesimpulan: Metode pembelajaran dan gaya belajar yang saat ini diterapkan perlu mendapatkan modifikasi sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan mahasiswa. Metode pembekalan menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan karena dapat meningkatakan pencapain kelulusan uji kompetensi.

 

Background: Competency assessment is the process of measuring the knowledge, skills, and behavior of students in universities that organize nursing study programs. Facing the competency test in 2023, the DIII Nursing study program at the Faculty of Nursing and Health Sciences Muhammadiyah Banjarmasin requires a strategy to achieve maximum graduation rates.

Objective: to determine the effect of debriefing methods on the competency test scores of DIII Nursing Study Program students at the Faculty of Nursing and Health Sciences, Muhammadiyah University of Banjarmasin in 2023. The subjects in this study were 22 participants who will take the competency test in 2023.

Method: This study is a quantitative study using Quasy Experiment research design with one group Pre and Post test design.

Results: statistical tests using the Wilcoxon test obtained a p value of 0.000 which is smaller than the α value so that the hypothesis is accepted, namely there is an effect of debriefing methods on the competency test scores of DIII nursing study program students in 2023.

Conclusion: The learning methods and learning styles that are currently applied need to be modified so that they can increase student motivation and activeness. The debriefing method is one of the efforts that can be made because it can increase the achievement of competency test graduation.


Keywords


Uji Kompetensi, Pembekalan Uji Kompetensi

References


Hadi, I., Putri, H.,& Mulianingsih, M (2020). Upaya Pencapaian Angka Kelulusan Uji Kompetensi Profesi Ners Melalui Pendekatan Metode Peer-teaching. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Vol 3 No.1.

Hartina, A., Tahir, T., Nurdin, N., & Djafar, M. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) Di Regional Sulawesi. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 2(2), 65– 73.

Krisdianto, M. A., & Kusumawati, W. (2019). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI). The Indonesian Journal of Health Science, 11(1), 1–8.

Lukmanulhakim, L., & Pusporini, L. S. (2018). The analysis of factors influencing graduation achievement in nurse competence test of nurse profession program. Cakrawala Pendidikan, (2).

Mushawwir, A., Tahir, T., Kadar, K., Khalid, N., & Ahmar, H. (2019). Gambaran Strategi Program Studi Keperawatan untuk Meningkatkan Kelulusan Mahasiswa dalam Uji Kompetensi. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2),104–107.

Rahadian, D. Z. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Profesi Ners Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Jurnal Wacana Kesehatan, 2(2).

UU Keperawatan tahun 2014. Praktik Keperawatan. Nomor 38. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v14i2.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Rohni Taufika Sari, Zaqyyah Huzaifah, Suci Fitri Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.