Analisis Pengetahuan tentang Toilet Training (TT) terhadap Intensitas Penggunaan Diapers

Nita Hestiyana, St Hateriah

Abstract


Latar belakang: Latar belakang: Toilet training merupakan usaha untuk melatih anak dalam buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Keterampilan mengontrol buang air yang gagal diperoleh dalam rentang waktu toilet training dapat menimbulkan gangguan berkemih berupa sembelit, enuresis, serta anak menolak untuk ke toilet. Jika diapers dipakai dengan intensitas yang sering/setiap saat, maka akan mempersulit latihan buang air/toilet training. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan diapers dan toilet training adalah pengetahuan ibu.

Tujuan: Mengetahui hubungan pengetahuan tentang toilet training dengan intensitas penggunaan diapers

Metode: Rancangan dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Wilayah Kerja Puskesmas Terminal. Sampel dalam penelitian berjumlah 53 ibu batita dengan teknik pengambilan Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan alat bantu kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Chi square.

Hasil: Pengetahuan tentang toilet training paling banyak pada kategori baik: 20 orang (37,7%) dan intensitas penggunaan diapers paling banyak pada kategori tidak pernah: 19 orang (35,8%). Hasil uji chi-square diperoleh p=0,029, terdapat hubungan pengetahuan tentang Toilet Training terhadap Intensitas Penggunaan Diapers.

Simpulan: Dengan pemahaman yang baik tentang toilet training, orang tua dapat melakukan praktik toilet training dengan tepat, sehingga diharapkan anak menjadi mandiri dan tidak tergantung dengan diapers ketika buang air.

 

Background: Toilet training is an attempt to train children to urinate and defecate. Failure to acquire toilet control skills during toilet training can lead to urinary disorders such as constipation, enuresis, and refusal to go to the toilet. If diapers are used frequently/every time, it will complicate toilet training. One of the factors that can influence the use of diapers and toilet training is maternal knowledge.

Objective: To determine the relationship between knowledge about toilet training and the intensity of diapers use.

Methods: The design in this study was an analytic survey with a cross sectional approach. The research location is in the Terminal Health Center Working Area. The sample in the study amounted to 53 mothers of toddlers with Accidental Sampling technique. This study used a questionnaire tool and analyzed using the Chi square test.

Results: Knowledge about toilet training is mostly in the good category: 20 people (37.7%) and the intensity of using diapers is mostly in the never category: 19 people (35.8%). The results of the chi-square test obtained p=0.029, there is a relationship between knowledge about toilet training and the intensity of diaper use.

Conclusion: With a good understanding of toilet training, parents can practice toilet training appropriately, so that it is expected that children become independent and do not depend on diapers when defecating.

 


References


Catharine M. 2015. Ikatan Dokter Anak Indonesia “Toilet Training”. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/toilet-training

Connell, Carrick, Trends in Popular Parenting Books and the Need for Parental Critical Thinking. Child Welfare, Vol. 85 (5), pp.819–837, Oktober, 2006

Denada, O. D., & Nazriati, E, Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Kerja Posyandu Kelurahan Sukamaju Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. Jurnal Jom FK, Vol. 2(2), pp.2-10, 2015

Depkes RI, Survei Kesehatan Rumah Tangga. Jakarta, 2014

Devianti, Ayunita, Panduan Lengkap Mencerdaskan Otak Anak usia 1-6 tahun, Yogyakarta: Araska, 2013

Hidayat, Aziz Alimul, Pengantar Ilmu Keperawatan Anak, Jakarta: Salemba Medika, 2010

Hodges, S.J., ARichards, K., Gorbachinsky, I. & Krane, L.S, The Association of Age of Toilet Training and Dysfunctional Voiding, Research and Reports in Urology, Vol. 6, pp.127–130, October, 2014

Indriasari, S., & Putri, M. E, Kesiapan Toilet Training Pada Anak Usia 18-24 Bulan, Adi Husada Nursing Journal, Vol.4 (2), pp.36-41, 2018

Koerniandaru, W, The Effectiveness of Toilet Training by Discreate Trial Training (DTT) Method to Improve the Toileting Ability of the 1st Grade ADHD Student at SLB E Prayuwana Yogyakarta, Jurnal Widia Ortodikdatika, Vol. 5 (10), pp.1021-1031, 2016

Kyle, Charman, Buku Ajar Keperawatan Pediatri Volume 1 Edisi 2, Jakarta: EGC, 2015

Soetjaningsih, C, Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak- Kanak Akhir, Jakarta: Prenada Media Group, 2012

Soetjiningsih, Ranuh G, Tumbuh kembang anak Edisi kedua, Jakarta: ECG, 2013

Lestari, Puji., Adi, Heryanto., Supriyono, Mamat. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Praktik Ibu Dalam Penggunaan Diapers Pada Anak Usia Toddler (1-3 tahun) di Kelurahan Putat Purwodadi, 2017

Mota DM, Barros AJ, Toilet training: methods, parental expectations and associated dysfunctionsVol. 84 (1), pp.9-17, Jan-feb, 2008

Notoatmodjo, S., 2014, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Purwatih, Nofi. 2017. Pengaruh Penggunaan Disposable Diapers terhadap Keberhasilan Toileting pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Insan AL-Firdaus Serayu Kota Madiun. http://repository.stikesbhm.ac.id/id/eprint/222

Pusparini, W dan Siti, A, Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Toilet Training dengan Perilaku Ibu dalam Melatih Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Desa Kadokan Sukaharjo. Publikasi Ilmiah UMS Vol 03 (2), 2010

Soetjiningsih, Ranuh G, Tumbuh kembang anak Edisi kedua, Jakarta: ECG, 2013

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013

Warner, Penny, Paula Kelly, Mengajari Anak Pergi ke Toilet, Jakarta: Arcan, 2007

Wong, D.L. Nursing Care Infants and Childrens. St. Louis: Mosby, 2009




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v14i2.913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Nita Hestiyana, St Hateriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.