Perbandingan Edukasi Stunting Antara Media Audiovisual Dengan Media Booklet Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Balita Stunting Usia 6-24 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Darul Azhar

Nur Syarifah, Tika Sari Dewy, Farhandika Putra

Abstract


Latar Belakang: Stunting merupakan kondisi dimana anak mengalami tinggi badan yang tidak sesuai dengan usianya.

Tujuan: untuk mengetahui perbandingan antara media audiovisual dengan media booklet terhadap tingkat pengetahuan dan sikap ibu balita stunting usia 6-24 bulan.

Metode: Quasi Eksperimental, non equivalent control group design. Sampel 20 responden dibagi 2 kelompok 10 responden media audiovisual dan 10 responden media booklet. Teknik yang digunakan Purposive Sampling.

Hasil: sebelum dilakukan edukasi menggunakan media audiovisual tingkat pengetahuan (80.0%) cukup. Sesudah dilakukan edukasi tingkat pengetahuan (60.0%) baik. Sebelum dilakukan edukasi tingkat sikap (80.0%) negatif. Sesudah dilakukan edukasi tingkat sikap (80.0%) positif. Sebelum dilakukan edukasi menggunakan media booklet tingkat pengetahuan (80.0%) kurang. Sesudah dilakukan edukasi tingkat pengetahuan (50.0%) cukup. Sebelum dilakukan edukasi tingkat sikap (90.0%) negatif. Sesudah dilakukan edukasi tingkat sikap (70.0%) positif. Penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney, didapatkan pengetahuan nilai p value 0,120 (>0,05) dan sikap didapatkan nilai p value 0,513 (>0,05) yang artinya tidak ada perbedaan antara media audiovisual dengan media booklet.

Kesimpulan: tidak ada perbedaan antara media audiovisual dengan media booklet terhadap tingkat pengetahuan dan sikap. Disarankan kepada ibu balita untuk menerapkan pemberian gizi yang baik pada balita agar mencegah terjadinya stunting.

 

Background: Stunting is a condition where children experience height that is not in accordance with their age.
Objective: to determine the comparison between audiovisual media and booklet media on the level of knowledge and attitudes of mothers of stunted toddlers aged 6-24 months.
Methods: Quasi-experimental, non-equivalent control group design. Sample of 20 respondents divided into 2 groups of 10 audiovisual media respondents and 10 booklet media respondents. Purposive sampling technique was used.
Results: before education using audiovisual media the level of knowledge (80.0%) was sufficient. After education the level of knowledge (60.0%) was good. Before education the level of attitude (80.0%) was negative. After education, the level of attitude (80.0%) was positive. Before education using booklet media, the level of knowledge (80.0%) was poor. After education, the level of knowledge (50.0%) was sufficient. Before education, the level of attitude (90.0%) was negative. After education, the level of attitude (70.0%) was positive. This study used the Mann Whitney test, obtained knowledge p value 0.120 (>0.05) and attitude obtained p value 0.513 (>0.05) which means there is no difference between audiovisual media and booklet media.
Conclusion: there is no difference between audiovisual media and booklet media on the level of knowledge and attitude. It is recommended for mothers of toddlers to implement good nutrition for toddlers to prevent stunting.


Keywords


Audiovisual; Balita; Booklet; Pengetahuan; Sikap; Stunting

References


Amahorseja, A. R., Suryanegara, W., & UtamaWija, I. B. E. (2019). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Praktik Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Orang Tua Balita Terhadap Kejadian Stunting. Jurnal Ilmiah Widya, 6(1), 1–6.

Amanda, R. D. (2021). Hubungan pemberian MP-ASI dan tingkat pendidikan terhadap kejadian stunting pada balita: literature review. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 3(2), 407–412.

Ambarwati. (2018). Efektifitas edukasi dengan media audiovisual terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang. 936–943.

Ani, M., Muyassaroh, Y., & Anggraeni, D. D. (2022). Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan" Booklet Ranting" Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Praktik Ibu dalam Merawat Balita Stunting. 13(02), 191–199. http://www.jurnalmadanimedika.ac.id/index.php/JMM/article/view/301

Ekayanthi, N. W. D., & Suryani, P. (2019). Edukasi Gizi pada Ibu Hamil Mencegah Stunting pada Kelas Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan, 10(3), 312. https://doi.org/10.26630/jk.v10i3.1389

Juniah, Apriliawati, A., & Sulaiman, S. (2020). Media Booklet Dan Audiovisual Efektif Terhadap Pengetahuan Orangtua Dengan Balita Stunting. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 60–65. https://doi.org/10.52657/jik.v9i2.1217

Nugroho, M. R., Sasongko, R. N., & Kristiawan, M. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2269–2276. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1169

United Nations Children’s Fund (UNICEF). 2019. The State Of The World’s Children: Children Food And Nutrition. New York.




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v14i2.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Nur Syarifah, Tika Sari Dewy, Farhandika Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.