Gambaran Caring Perawat di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru
Abstract
Latar Belakang : Kualitas pelayanan keperawatan ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki perawat. Salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki adalah caring. Perilaku caring perawat berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan dan pada akhirnya berpengaruh terhadap citra rumah sakit.
Tujuan : Mengetahui gambaran caring perawat di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru
Metode : Penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif melibatkan 128 pasien rawat inap dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan analisis univariat meliputi karakteristik responden serta variabel caring perawat secara distribusi frekuensi.
Hasil : Caring perawat di RSD Idaman Kota Banjarbaru mendapatkan penilaian positif dengan rata-rata total skor jawaban 45,33 dari nilai total minimum 23 dan nilai total maksimum 46 yang bisa didapatkan. Parameter dengan total skor tertinggi adalah doing for, dan parameter dengan total skor terendah adalah enabling.
Simpulan : Caring yang cukup dari pelayanan yang diberikan oleh perawat membuat klien akan cenderung memiliki persepsi yang baik terhadap perawat. Semakin baik caring perawat dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan, klien atau keluarga semakin senang dalam menerima pelayanan asuhan yang diberikan.
Background : Quality of service is determined by the competence of the nurse.One of the basic competencies that must be possessed is caring. Nurses caring behavior is related to service quality and patient satisfaction with the services provided and ultimately affects the image of the hospital.
Objective: To know nurses caring in Idaman Hospital, Banjarbaru City
Methods: Quantitative study with a descriptive design involving 128 inpatients using a purposive sampling technique. The research instrument used a questionnaire and data analysis used univariate analysis including the characteristics of the respondents and the variables of nurse care by frequency distribution.
Results: Caring nurses at Idaman Hospital in Banjarbaru City received a positive assessment with an average total answer score of 45.33 out of a minimum total score of 23 and a maximum total score of 46 that can be obtained.The parameter with the highest total score is for, and the parameter with the lowest total score is possible.
Conclusion: Caring of the services provided by nurses makes clients tend to have a good perception for nurses.If better nurses caring in providing nursing care services, will be make happier client or family is in receiving the care services provided.
Keywords
Full Text:
FULL TEXT PDF (Bahasa Indonesia)References
Alligod, M. T., & Tomey., (2010). Nursing Theorists and Their Work. Edisi 7. New York : Mosby Elsevier
Apriani, D. G. Y., et.al. (2020). Gambaran Perilaku Caring Perawat di Ruang Anggrek Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 16(2), 11–19. https://doi.org/10.26753/jikk.v16i2.450
Apriza, & Lestari, S., (2018). Hubungan Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Puri Husada Tembilahan. Jurnal Ners, 2(1), 41 - 55
Asmirajanti, M. (2014). Pengaruh Pelaksanaan Caring perawat terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bandung. Journal Inohim, 2(2), 140–144.
Firmansyah, C. S., et.al. (2019). Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Teori Jean Watson di Ruang Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(1), 33. https://doi.org/10.22146/jkesvo.40957
Karo, M., & Baua, E. (2019). Caring behavior of indonesian nurses towards an enhanced nursing practice Indonesia year 2018. International Journal of Pharmaceutical Research, 11(1), 367–384. https://doi.org/10.31838/ijpr/2019.11.01.043
Kemenkes RI. (2022). Standar Akreditasi Rumah Sakit. Jakarta : Kemenkes RI
Lesmana, I. S., (2021). Hubungan Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika
Suprajitno, Sari, et.al. (2020). Relationship of Nurse Caring Behaviour with Patient Satisfaction at the Emergency Department of Catholic Hospital of Budi Rahayu Blitar. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 7, 1–5. https://doi.org/10.26699/jnk.v7i1.ART.p001
Urzia, U., & Jannah, N. (2020). Persepsi Pasien terhadap Perilaku Caring Perawat di Rumah Sakit. JIM FKep, 4(2), 132–140.
Wuwung, E. C. Q., et.al. (2020). Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan (JKp), 8(1), 113–120.
DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v14i1.877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.