Analisis Kepuasan Pasien Dalam Pemberian Discharge Planning Menggunakan Prinsip Patient Centered Care di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin

Ika Friscila, M Arief Wijaksono, Muhammad Rizali

Abstract


Abstrak

 

Latar Belakang: Discharge planning adalah salah satu aspek penting yang berdampak pada kualitas pelayanan di rumah sakit. Penerapan Patient Centered Care memberikan perasaan keramahan, kepedulian, dan keamanan kepada pasien dapat menurunkan resiko terjadinya insiden pasien. Tujuan adalah menganalisis tingkat kepuasan pasien dimensi tangible, reliability, assurance, responsiveness dan emphaty dalam pemberian Discharge Planning yang menggunakan prinsip PCC di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin.

Metode: Penelitian dengan metode cross sectional. Dilaksanakan di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Jumlah sampel sebanyak 30 pasien rawat inap. Analisis data menggunakan analisis univariat.

Hasil: Analisis diagram Kartesius didapatkan hasil berupa kuadran 1 dan 2 terisi oleh aspek Tangible, assurance dan responsiveness. Kuadran 3 terisi oleh aspek Tangible, responsiveness dan empathy. Sedangkan Kuadran 4 terisi oleh aspek reliability merupakan aspek yang dirasa pasien kurang penting untuk saat ini dan pelaksanaannya sudah melebihi dari apa yang pasien harapkan.

Simpulan: Berdasarkan karakteristik tiap kuadran maka peningkatan aspek berdasarkan tingkat urgensinya adalah aspek pada kuadran 3, dilanjutkan oleh aspek pada kuadran 1, lalu kuadran 2 dan terakhir aspek pada kuadran 4.

 

Kata Kunci: Discharge planning, Kepuasan, Patient Centered Care

 

Background: Discharge planning is one of the important aspects that have an impact on the quality of service in hospitals. The application of Patient Centered Care provides a feeling of friendliness, concern, and security to patients and can reduce the risk of patient incidents. The purpose of this study was to analyze the level of patient satisfaction with tangible, reliability, assurance, responsiveness and empathy in providing discharge planning using PCC principles at Sari Mulia Hospital, Banjarmasin.

Methods : This study used a cross sectional method. Held at Sari Mulia Hospital, Banjarmasin. The number of samples was 30 inpatients. Data analysis used univariate analysis.

Results.: Analysis of the Cartesian diagram obtained results in the form of quadrants 1 and 2 filled with Tangible, assurance and responsiveness aspects. Quadrant 3 is filled with Tangible, responsiveness and empathy aspects. While Quadrant 4 is filled with reliability aspects, which are aspects that the patient feels are less important at this time and the implementation has exceeded what the patient expected.

Conclusion: Based on the characteristics of each quadrant, the improvement of aspects based on the level of urgency is aspects in quadrant 3, followed by aspects in quadrant 1, then quadrant 2 and finally aspects in quadrant 4.

 

Keywords: Discharge planning, Satisfaction, Patient Centered Care


Keywords


Discharge planning, Kepuasan, Patient Centered Care

References


Annisa, N. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit Tk . IV Madiun Tahun 2017. Stikes Bhakti Huasada Mulia Madiun.Skripsi.

Apriana, W., Friscila, I., & Kabuhung, E. I. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Akses Informasi dengan Tingkat Kecemasan tentang Kehamilan Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Poskesdes Mantangai Tengah Kabupaten Kapuas. Proceeding Of Sari Mulia University Midwifery National Seminars. https://ocs.unism.ac.id/index.php/PROBID/article/view/701

Azizah, A., Widayati, D., & Rachmania, D. (2017). Discharge Planning Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Keperawatan Discharge Planning Influence the Quality of Nursing Services. Journals of Ners Community, 8(1).

David, G., Saynisch, P. A., & Smith-McLallen, A. (2018). The economics of patient-centered care. Journal of Health Economics, 59. https://doi.org/10.1016/j.jhealeco.2018.02.012

Faradiba, H. (2019). Persepsi Pasien terhadap Pelaksaan Patient Centered-Care (PCC) di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Paru Jember. Universitas Jember.

Fauzan, A., & Widodo, H. (2019). Hubungan Pelaksanaan Patient Centered Care Dengan Pengalaman Klien Rawat Inap Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(2). https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2.523

Friscila, I., Us, H., Fitriani, A., & Erlina, E. (2022). Hubungan Paritas terhadap Berat Lahir di RSUD Pangeran Jaya Sumitra. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 9(1), 91–100. http://jurnal.poltekkesbanten.ac.id/Medikes/article/view/343

Iskandar, R. (2018). Gambaran Pelaksanaan Discharge Planning Pada Pasien Diabetes Mellitus Di Ruang Bougenville Dan Gardenia RSUD Wates Yogyakarta. Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Marti, E., Andarini, S., & Lestari, R. (2015). Studi Fenomenologi Penerapan Prinsip Patient Centered Care Pada Saat Proses Resusitasi Di Igd Rsud Saiful Anwar Malang. The Indonesian Journal of Health Science, 6(1).

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan “Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional” (4th ed.). Salemba medika.

Ong, J.O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Importance Performance Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo (Persero). Jurnal Teknik Industri. 9(1),1-10

Prasetyo, G. H. (2018). Mengidetifikasi Peran dalam Pelaksanaan Discharge Planning pada Pasien Anak dengan gizi Lebih. Karya Tulis Ilmiah, 2(2).

Richards, M. K., & Goldin, A. B. (2015). Patient-centered care and quality: Activating the system and the patient. Seminars in Pediatric Surgery, 24(6). https://doi.org/10.1053/j.sempedsurg.2015.08.012

Rina, F. (2021). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaaan Discharge Planning di Ruang Rawat Inap RSUD kota Dumai Riau. Universitas Andalas.

Riskiyah, R., Hariyanti, T., & Juhariah, S. (2017). Pengalaman Pasien Rawat Inap terhadap Penerapan Patient Centered Care di RS UMM. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(4). https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2017.029.04.13

Rosya, E, Sesrianty, V., & Kairani, A. (2020). Pelaksanaan Discharge Planning Di Ruang Rawat Inap Non Bedah Rsud Dr. Achmad Mochtar Bukit Tinggi.

Rosya, Ernalinda, Sesrianty, V., & Kairani, A. (2020). Discharge Planning (Perencanaan Pasien Pulang) di Rumah Sakit (C. P. Persada (ed.)).

Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2). https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2). https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645

Tasalim, R., Widodo, H., & Surya, A. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Discharge Planning Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 496–504.

Widya Astari, D., Noviantani, A., & Simanjuntak, R. (2021). Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. The Journal of Hospital Accreditation, 3(01).

lisa, R., & Imelda. (2018). Kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) Di Rumah Sakit Aceh. Jim Fkep, III(3).

Zumria, Z., Narmi, N., & Tahiruddin, T. (2020). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 1(1), 76–83.




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v13i2.853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Ika Friscila, M Arief Wijaksono, Muhammad Rizali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.