Analisis Komunikasi SBAR, Kedisiplinan Dan Beban Kerja Terhadap Identifikasi Pasien Berbasis Patient Safety

Noormailida Astuti, Ary Nugraha, Adisurya Saputra, Sri Erliani, Mislawati Mislawati

Abstract


Latar Belakang: Komunikasi SBAR merupakan alat komunikasi yang direkomendasikan oleh WHO, komunikasi SBAR  tidak hanya meningkatkan mutu pelayanan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas handover dan menekan angka medical error. Jika komunikasi dalam serah terima pasien tidak dilakukan, dapat menyebabkan beberapa masalah dan konsekuensi termasuk biaya perawatan yang lebih tinggi, penyedia layanan yang lebih besar dan ketidakpuasan pasien. Kekeliruan identifikasi pasien terjadi di hampir semua aspek atau tahapan diagnosis dan pengobatan sehingga diperlukan adanya ketepatan identifikasi pasien. Beban kerja perawat yang terlalu banyak dapat menurunkan produktifitas. Perilaku perawat yang tidak aman, lupa, kurangnya perhatian, kecerobohan, tidak teliti dan mengabaikan keselamatan pasien (patient safety) beresiko terjadinya kesalahan dan akan mengakibatkan cidera kepada pasien.

Tujuan: Mengetahui hubungan komunikasi SBAR, Kedisiplinan dan Beban kerja Perawat terhadap Identifikasi Pasien Berbasis Patient Safety.

Metode Penelitian : Metode Penelitian ini Kuantitatif korelasi dengan desain cross sectional.  sampel adalah perawat berjumlah 40 orang. Probability sampling. Data dianalisis menggunakan uji statistik Spearman rank.

Hasil : Komunikasi SBAR terhadap identifikasi pasien memperoleh skor yang cukup baik sebesar 42,5%. Kedisiplinan  terhadap identifikasi pasien juga memperoleh skor yang cukup baik sebesar 52,5%, dan Beban kerja terhadap identifikasi pasien memperoleh skor tinggi sebesar 77,5, berdasarkan hasil uji statistik, tidak ada hubungan yang signifikan antara Komunikasi SBAR, Disiplin dan Beban Kerja terhadap identifikasi pasien di RS H. Boejasin Pelaihari dengan nilai r = 0,772, 0,427 dan 0,079 > 0,05.

 

Simpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi SBAR, disiplin dan beban kerja terhadap identifikasi pasien.

 

Kata kunci : Komunikasi, SBAR, Pasien, Keselamatan.

 

Background : SBAR communication is a tool recommended by WHO, SBAR communication not only improves service quality, but can also improve handover quality and reduce medical error rates. If communication in patient handovers is not carried out, it can lead to several problems and consequences including higher costs of care, larger service providers and patient dissatisfaction. Errors in patient identification occur in almost all aspects or stages of diagnosis and treatment, so there is a need for accurate patient identification. Too much workload for nurses can reduce productivity. Unsafe behavior of nurses, forgetfulness, lack of attention, carelessness, carelessness and neglect of patient safety are at risk for errors and will result in injury to patients.

Objective:  Analyzed the relationship between SBAR communication, Discipline and Nurse workload on Patient Safety-Based Patient Identification.

Methods:  This research method is quantitative correlation with cross sectional design. The sample is 40 nurses. Probability sampling. Data were analyzed using Spearman rank statistical test.

Results: SBAR communication on patient identification obtained a fairly good score of 42.5%. Discipline on patient identification also obtained a fairly good score of 52.5%, and Workload on patient identification obtained a high score of 77.5, based on the results of statistical tests, there was no significant relationship between SBAR Communication, Discipline and Workload on identification. patients at H. Boejasin Pelaihari Hospital with r values = 0.772, 0.427 and 0.079 > 0.05.

Conclusion: There is no significant relationship between SBAR communication, discipline and workload on patient identification.

 

Key Words: Communication, SBAR, Patient, Safety.


References


Arumsari, D. P., Emaliyawati, E., & Sriati, A. 2016. Hambatan komunikasi efektif perawat dengan keluarga pasien dalam perspektif perawat. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 2(2): 104-114.

Astuti, N., Negara, C. K., & Jannah, N. 2021. Sbar Communication Implications For Covid-19 Patient Satisfaction. J-Himel, 2(1): 12-16.

Astuti, N., & Ilmi, B. 2019. Penerapan Komunikasi Situation, Background, Assesment, Recomendation (SBAR) Pada Perawat Dalam Melaksanakan Handover. IJNP (Indonesian Journal Of Nursing Practices). 3(1): 42-51.

Binjai, R. R. M. D., & Alemina, M. Pengetahuan Perawat Dalam Pelaksanaan Identifikasi Pasien. 2018.

Istanti, Y. P. 2015. Peningkatan Patient Safety Dengan Komunikasi Sbar. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Kemenkes RI. 2015. Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP).

Mutiara Cintha, G. L., Suryoputro, A., & Jati, S. 2016. Analisis Pelaksanaan Identifikasi Pasien Dalam Rangka Keselamatan Pasien Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 4(4): 43–48.

Nirwana, D. 2015. Pelaksanaan Komunikasi Efektif SBAR Perawat Rawat Inap Di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara. [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara

Nurjanah, S. 2016. Analisis Beban Kerja Tenaga Perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Kota Kendari Tahun 2016 [Dissertation]. Haluoleo University.

Pati, P. R. S. D. K. 2020. Analisis Deskriptif Penerapan Komunikasi Efektif Dengan Teknik Sbar (Situation Background Assessment Recommendation) Untuk Patient Safety Pada Perawat. Syntax, 2(5).

Rezkiki, F. 2019. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerapan Komunikasi Sbar Pada Saat Overan Dinas Di Ruang Rawat Inap. Human Care Journal, 1(2).

Simamora, R. H. 2019. Pengaruh Penyuluhan Identifikasi Pasien dengan Menggunakan Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1): 342-351.

Tatiwakeng, R. V., Mayulu, N., & Larira, D. M. 2019. Hubungan Penggunaan Metode Komunikasi Efektif Sbar Dengan Pelaksanaan Timbang Terima (Handover) Systematic Review. Jurnal Keperawatan. 9(2): 77-88.

Usman, H., Handayani, R. N., & Kurniawan, W. E. 2021. Hubungan Beban Kerja Mental Perawat Dengan Penerapan Identifikasi Pasien Dalam Pemberian Obat Pada Masa Covid-19 Di Ruang Rawat Inap RSUD Ajibarang. In Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. pp. 1429-1435.




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v13i2.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Noormailida Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.