EFEKTIFITAS REBUSAN DAUN SALAM TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT PADA LANSIA

Suryagustina Suryagustina, Prinawatie Prinawatie, Erna Sari

Abstract


ABSTRAK

 Latar Belakang : Penyakit asam urat  atau biasa dikenal sebagai gout arthritis merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan serta adanya rasa panas di area persendian. Penanganan yang kurang tepat dapat menyebabkan bahaya yang lebih besar, sehingga dibutuhkan penatalaksanaan farmakologi maupun non farmakologi. Obat tradisional sepeti rebusan daun salam merupakan alternative pilihan yang dinilai lebih aman dibandingkan obat modern terutama dikonsumsi oleh lansia.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh rebusan daun salam (Syzygium Polyanthum) terhadap penurunan kadar asam urat pada lansia.

Metode: Metode penelitian ini menggunakan literature review dengan pencarian literatur menggunakan database Google Scholar yang di publikasi pada tahun 2017-2021 menggunakan bahasa Indonesia. Diperoleh 7 hasil penelitian sesuai kriteria inklusi. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experiment dan Quasi Experiment.

Hasil : Hasil penelitian dari 7 literatur didapatkan kesamaan yaitu semua responden mengalami penurunan kadar asam urat setelah meminum air rebusan daun salam secara teratur dengan p-value < 0,05. Selain itu dari 7 literatur ini, terdapat perbedaan yang mana tidak semua literatur menjabarkan data umum seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan maupun pendidikan yang menyebabkan kesulitan dalam menentukan data responden menjadi lebih spesifik.

Kesimpulan: Terdapat perbedaan rata-rata kadar asam urat lansia sebelum dan sesudah diberikan rebusan daun salam yaitu yang awalnya tinggi menjadi normal kembali. Hal tersebut dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari responden yang kooperatif maupun dari manfaat daun salam jika dilakukan sesuai prosedur dan dengan frekuensi yang teratur serta faktor diet yang mereka jalani.

 

Kata Kunci: Rebusan Daun salam, Asam Urat, Lansia

 


References


Aspiani, Y. R. (2014) Buku Ajar Asuhan Keperawatan Gerontik Aplikasi Nanda, Nic dan Noc, Trans Info Media.

Fitria, Nita. 2020. Prinsip Dasar dan Aplikasi Penulisan Laporan Pendahuluan dan Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Fitriana, Rahmatul. 2015. Cara Cepat Usir Asam Urat. Yogyakarta: Medika

Husnaniyah, D. (2019) ‘Gambaran Pengetahuan Lansia tentang Diet Asam Urat di Wilayah Kerja Puskesmas Kertasemaya Tahun 2018’, Jurnal Surya.

Jaliana, Suhadi and L. O. M. Sety (2018) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Asam Urat Pada Usia 20-44 Tahun Di RSUD Batheramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2017’, Jimkesmas, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3(2).

Leokuna, W. I. and Malinti, E. (2020) ‘Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Kadar Asam Urat pada Orang Dewasa di Oesapa Timur’, Nursing Inside Community, 2(3).

Marlinda, R. and Putri Dafriani (2019) ‘Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Salam Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Pasien Arthritis Gout’, Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 2(1).

Nursalam. (2020). Penulis Literature Review Dan Systematic Review Pada Pendidikan Kesehatan (Contoh). Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Syahadat, A. and Vera, Y. (2020) ‘Penyuluhan Tentang Pemanfaatan Tanaman Obat Herbal Untuk Penyakit Asam Urat di Desa Labuhan Labo’, Jurnal Education and Development, 8(1).

World Health Organization. (2019) World Health Statistics 2018: World Health Organization




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v13i1.830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Suryagustina Suryagustina, Prinawatie Prinawatie, Erna Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.