Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Terkait Pengobatan Penyakit Diabetes Melitus Di Kelurahan Pemurus Luar Dengan Metode Pendekatan Health Belief Model (HBM)

Maria Gabriella Angline Djeke

Abstract


LATAR BELAKANG Diabetes mellitus adalah suatu keadaan dimana terjadi peningkatan kadar gula darah secara kronis akibat gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein akibat kekurangan hormon insulin. Sebagian besar factor risiko kasus diabetes mellitus adalah perubahan gaya hidup yang cenderung kurang aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat dan tidak seimbang, kelebihan berat badan (obesitas), hipertensi, hiperkolesterolemia, dan konsumsi alcohol dan tembakau (merokok). Oleh karena itu, penekanan pada pengendalian Diabetes Mellitus adalah pengendalian factor risiko melalui aspek preventif dan promotif yang terpadu dan komprehensif.

TUJUAN Penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan perilaku masyarakat terkait pengobatan diabetes mellitus di Desa Pemurus Luar Banjarmasin Timur dengan pendekatan Health Belief Model (HBM).

METODE Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dimana peneliti akan mendeskripsikan secara faktual, akurat, dan sistematis tentang pengetahuan masyarakat tentang pengobatan diabetes mellitus melalui pendekatan teori Health Belief Model.

HASIL penelitian adalah pengetahuan masyarakat Banjarmasin Timur Desa Pemurus Luar tentang pengobatan diabetes mellitus tergolong baik, karena lebih dari separuh responden dikategorikan memiliki tingkat pengetahuan yang baik.

KESIMPULAN Tingkat pengetahuan masyarakat Banjarmasin Timur Desa Pemurus Luar tentang pengobatan diabetes mellitus dengan kategori baik sebanyak 102 responden (97%) dan kategori cukup sebanyak 3 responden (2%). Perilaku masyarakat Banjarmasin Timur Desa Pemurus Luar tentang pengobatan diabetes mellitus dengan kategori baik sebanyak 66 responden (63%), dengan kategori cukup sebanyak 37 responden (35%), dan dengan kategori kurang sebanyak 2 responden (2%). Penelitian ini untuk mengetahui perilaku masyarakat terkait pengobatan diabetes mellitus di Kecamatan Banjarmasin Timur Desa Pemurus Luar dengan menggunakan pendekatan Health Belief Model (HBM).

Kata Kunci: Diabetes Melitus, Tingkat Pengetahuan, Pengobatan




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v13i1.784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Maria Gabriella Angline Djeke

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.