HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP PERAWAT DALAM PELAKSANAAN RONDE KEPERAWATAN DI RUANG ASTER DAN ICCU RSUD dr. DORIS SYLVANUS

Vina Agustina, Mardiono Mardiono, Dwi Agustian Faruk. Ibrahim

Abstract


Latar Belakang: Ronde keperawatan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah keperawatan klien yang dilaksanakan oleh perawat dengan pasien atau keluarga terlibat aktif dalam diskusi dengan membahas masalah keperawatan serta mengevaluasi hasil tindakan yang telah dilakukan. Ronde keperawatan akan menjadi media bagi perawat untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor, kepekaan dan cara berpikir kritis perawat akan tumbuh dan terlatih melalui suatu transfer pengetahuan dan pengaplikasian
konsep teori kedalam praktik keperawatan. Pengetahuan perawat sangat diperlukan dalam pelaksanaan ronde keperawatan. Pengetahuan sangat erat kaitannya dengan sikap seseorang terhadap sesuatu.
Tujuan: Menganalisa hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap perawat dalam pelaksanaan ronde keperawatan di ruang Aster dan ICCU RSUD dr. Doris Silvanus.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampling dengan menggunakan total sampling. Populasi pada penelitian ini seluruh perawat di ruang Aster dan ICCU. Sample pada penelitian ini berjumlah 31 perawat. Pengumpulan data menggunakan alat ukur kuesioner, kemudian data dianalisa dengan menggunakan uji statistic Spearman’s Ranks. Hasil: Berdasarkan uji statistik hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap menunjukan nilai significance p value < nilai α dengan tinkat significanci α = 0,05. Nilai significanci menggunakan uji statistic spearman’s ranks di peroleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,02.
Simpulan: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat  pengetahuan memiliki hubungan yang sangat signifikan terhadap sikap perawat hal ini menunjukan bahwa pendidikan merupakan salah satu factor yang mempengaruhi tingkat penegtahuan seseorang sehingga semakin tinggi pendidikan seseorang akan semakin baik pula pengetahuannya hal ini juga berlaku untuk sikap sehingga pengetahuan dengan sikap sangat berhubungan.
Kata Kunci: Ronde Keperawatan, Tingkat Pengetahuan, Sikap

Full Text:

Untitled

References


Arikunto (2010).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktis.

Jakarta : Rineka Cipta

Budiman (2014).Kapita Selekta kuesioner.

Jakarta : Salemba Medika

Budiman (2012).Biostatistik untuk kedokteran dan kesehatan.Jakarta : EGC

Dahlan, Muhamad Sopiyudin. Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat Dan Multivariate, Dilengkapi Aplikasi Dengan Menggunakan Spss Edisi 5.

Jakarta : Salemba Medika

Hidayat.A.Aziz Alimul. Mentode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data.

Jakarta : Salemba Medika

Notoadmodjo (2010).Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi:

Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam & Efendi (2009).Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Nursalam (2008).Manajemen Keperawatan Edisi 2.

Jakarta : Salemba Medika

Nursalam (2011).Manajemen Keperawatan Edisi 3.

Jakarta : Salemba Medika

Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 3.

Jakarta : Salemba Medika

Siska (2012).Pengaruh Ronde Keperawatan Terhadap Tingkat Kepuasan Klien Rawat Inap Rsud Kajen

KabupatenPekalongan.Universitas Muhammadiyah

PekajanganPekalongan Sugiharto, dkk (2013).

Manajemen Keperawatan :Aplikasi MPKP di

Rumah Sakit. Jakarta: EGC

Wiryawan Putu (2012). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Pelaksanaan Ronde Keperawatan Di Rsud

Kebumen.Universitas Respati Yogyakarta

Zainudin Saleh (2012). Pengaruh Ronde Keperawatan Terhadap Tingkat kepuasan Kerja Perawat Pelaksana

Di Ruang Rawat Inap RSUD Abdul Sjahranie Samarinda. Universitas Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v7i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Vina Agustina, Mardiono Mardiono, Dwi Agustian Faruk. Ibrahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.