EFEKTIFITAS KELAS PRATIK PMBA DAN POSYADU TERHADAP PENGETAHUAN, MOTIVASI DAN STATUS GIZI BAYI BALITA

Sri Lestari Kartikawati

Abstract


Latar Belakang: Pemantauan status gizi (PSG) 2017 menunjukan prevalensi stunting di Indonesia masih tinggi yaitu 29,6% di atas batasan yang ditetapkan oleh WHO 20%. Di masa Pandemi covid kejadian stunting berisiko terjadi peningkatan seiring menurunnya daya beli keluarga terkait pemenuhan bahan pangan. Di Era pandemi ini dengan menurunnya pendapatan keluarga berdampak pada pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga yang tentu saja berdampak pada perubahan menu keluarga. Program pemberdayaan keluarga melalui kelas pmba yang sudah dilaksanakan perlu dilakukan evaluasi terhadap efektivitas dan dampaknya terhadap pemberdayaan keluarga. Puskesmas Sawah lega merupakan salah satu puskesmas di kabupaten Bandung yang melaksnakan praktik kelas PMBA ini di semua desa yang menjadi wilayah kerjanya sejak tahun 2019 sampai 2020. Program ini dilaksanakan karena puskesmas Sawah lega memiliki 3 desa dengan lokus stunting. Sementara pada tahun 2020 awal terdapat kenaikan kasus stunting baru yang cukup banyak yaitu 30 kasus baru. Keberhasilan program menjadi hal yang harus diperhatikan terutama dalam rangka penyusunan Kebijakan program kerja terkait kesehatan ibu dan anak terutama di daerah lokus stunting . Keberhasilan program akan terlihat dari perilaku ibu mengadopsi perilaku dan pengetahuan baru dalam praktik pemberian makan bayi dan anak selama kegiatan kelas pmba dan menjadi kebutuhan untuk tetap terus melaksanakannya walaupun dimasa pandemi sehingga berdampak pada status kesehatan bayi dan balita.

Tujuan:menilai efektifitas program pratik PMBA bagi ibu bayi dan balita terhadap kejadian stunting di masa pandemi.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik korelational terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok kasus adalah ibu balita yang sudah mengikuti kelas PMBA dan kelompok kontrol adalah ibu yang mendapat kegiatan penyuluhan di posyandu. Populasi penelitian ini adalah bayi dan balita yang berada di wilayah puskesmas sawah lega dengan besar sampel 60 sampel kontrol dan 60 sampel kasus. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat, bivariat yang meliputi analisis karakteristik kelompok kasus dan kontrol , analisis efektifitas dan analisis pengaruh kelas pmba terhadap kejadian stunting.

Hasil: Pada Kelompok PMBA terdapat perbedaan Rata-rata sebelum dan sesudah intervensi dimana terlihat P Value pengetahuan  0.001 (<0.05), P Value motivasi 0.007 (<0.05), P Value praktik PMBA 0.007 (<0.05) P Value status gizi 0.007 (<0.05) sehingga pada praktik PMBA terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan, motivasi, praktik PMBA, skor status Gizi  sebelum dan sesudah intervensi dilakukannya Praktik pemberian Makanan Bayi dan balita (PMBA).

Sedangkan pada Posyandu terdapat Rata-rata P Value pengetahuan 0.182 (<0.05), P Value motivasi 0.033 (<0.05), P Value praktik PMBA 0.049 (<0.05), P Value Status Gizi 0.000 (<0.05) maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada motivasi, praktik PMBA dan status Gizi sebelum dan sesudah intervensi dilakukannya Kegiatan Posyandu sedangkan pada pengetahuan tidak bermakna.

Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Praktik PMBA terjadi perbedaan yang signifikan terhadap pengetahun, motivasi, status gizi bayi balita sehingga diharapkan dapat mencegah stunting pada balita. Selanjutnya disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Praktik PMBA baik oleh bidan maupun oleh kader Kesehatan dilapangan sehingga praktik PMBA ini di pahami dan dilakukan secara maksimal oleh ibu dan keluarga yan memeiliki bayi dan balita untuk mencegah agar stunting tidak terjadi. 

Kata kunci: Bayi, Balita, Praktik PMBA, Posyandu, Status Gizi

 




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v12i2.739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Sri Lestari kartikawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.