Kelas Ibu Hamil Sebagai Upaya Mengatasi Kecemasan Dalam Kehamilan

Maudy Lila Kartika, Rosmawati Lubis, Rini Kundaryanti

Abstract


Latar Belakang: Studi internasional menyebutkan masalah gangguan kecemasan selama kehamilan di negara maju dan berkembang masing-masing 10% dan 25%, sedangkan di Indonesia ada sekitar 28,7% ibu hamil yang mengalami kecemasan. Mengingat efek kecemasan yang tidak baik terhadap kehamilan, maka diperlukan suatu upaya untuk mengatasinya. Kelas Ibu Hamil merupakan sebuah program untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil yang diharapkan mampu mengurangi tingkat kecemasan ibu hamil. Namun berdasarkan hasil studi pendahuluan, ditemukan fakta bahwa program kelas ibu hamil masih belum berjalan efektif.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh intervensi kelas ibu hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil primigravida.

Metode: Penelitian in menggunakan quasy experiment dengan pendekatan One Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian berjumlah 20 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan instrument Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Analisis statistik menggunakan uji T berpasangan.

Hasil: Hasil uji statistik didapatkan P value 0,000, dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan setelah diberikan kelas ibu hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan pada tingkat kecemasan ibu hamil primigravida sebelum dan sesudah diberikan intervensi kelas ibu hamil. Metode ini dapat diterapkan di pelayanan kebidanan untuk menurunkan tingkat kecemasan pada ibu hamil, untuk itu program kelas ibu hamil sebaiknya dijalankan sebagaimana mestinya.

 

Kata kunci: Kecemasan dalam kehamilan, Kelas ibu hamil

 

Abstract

Background: An international study showed that the problem of anxiety during pregnancy in developed and developing countries is 10% and 25%, while in Indonesia there are 28,7%.Considering the effects of anxiety on pregnancy, an effort is needed to overcome it. Maternity Class is a program to increase the knowledge of pregnant women which is expected to reduce anxiety. But, based on a preliminary study, it was found that the maternity class program was not yet effective.

Objective: To determine the effect of maternity class intervention on the level of anxiety in primigravida.

Methods: This research is a quantitative research that used a quasi-experiment with the One Group Pretest Post-test Design. The research sample consisted of 20 respondents. The sampling technique used purposive sampling. The research instrument used the Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS).Statistical analysis using paired T-test.

Results: The results showed a P value of 0.000, it can be concluded that there is a significant effectafter being given the intervention maternity class on the level of anxiety in pregnant women.

Conclusion: This method can be applied in midwifery services to reduce the level of anxiety in

pregnant women. Thus, the maternity class program should be carried out properly.

Keywords: Anxiety on pregnancy, Maternity class


References


Bakara, D.M., dan Kurniyati. 2018. The effect of deep breathing relaxation in decreasing the pregnancy women anxiety of primigravida third trimester in facing the childbirth process work area health center of Talang Rimbo Lama Rejang Lebong Bengkulu. Jurnal Kesehatan Almuslim, 3 (6).

Barron, O.A. dan Wiegartz, P.S. 2011. Issues in treating anxiety disorders in pregnancy. Modern Medicine Network, 28 (9).

Chusnaini. 2011. Perbedaan kecemasan ibu hamil trimester III primigravida dan multigravida dalam menghadapi persalinan di RB Binasehat Bantul Yogyakarta. [Skripsi]. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani.

Danik, R. dan Wijayanti, I. T. 2016. Hubungan keikutsertaan ibu hamil dalam kelas hamil dengan tingkat kecemasan menghadapi persalinan pada ibu hamil trimester III di Desa Karangmangu Kecamatan Serang Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 2 (5).

Deepthi, G. dan Swaroopa, H. 2017. Effect of antenatal education in improving maternal confidence and reducing anxiety about labor in primigravida women attending Saveetha Medical College and Hospital, Chennai, Tamil Nadu, India. International Journal of Pharma and Bio Sciences, 8 (1).

Delmaifanis, Eugine, T., dan Napitupulu, M. 2014. Kelas ibu hamil mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kecemasan ibu primigravida menghadapi persalinan. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 1 (2).

Depkes RI. 2009. Pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Fadzria dan Harahap, M.S. 2016. Gambaran tingkat kecemasan pada ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Desa Tualang Teungoh Kecamatan Langsa Kota Kabupaten Kota Langsa tahun 2014. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 16 (1).

Hidayat, S dan Sumarni, S. 2013. Kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika, 3 (2).

Kemenkes RI. 2014. Pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Koushede, V., Brixval, C. S., Thygesen, L.C., Axelsen, S.F., Winkel, P.E., Lindschou, J., Gluud, C., dan Due, P. 2017. Antenatal small class education versus auditorium-based lectures to promote positive transitioning to parenthood - A randomised trial. Plos One Journal, 12 (5).

Larasati, I. P. dan Wibowo, A. 2012. Pengaruh keikutsertaan senam hamil terhadap kecemasan primigravida trimester III. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 1 (1).

Latifah, L. 2017. Hubungan dukungan keluarga dengan kecemasan ibu hamil primigravida trimester III di wilayah kerja Puskesmas Pandian Sumenep. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 3 (1).

Maula, S. I. dan Wijayanti, I. T. 2017. Hubungan keikutsertaan kelas ibu hamil dengan tingkat kecemasan menghadapi persalinan. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 2 (5).

Nursalam. 2013. Metodologi penelitian: pendekatan praktis (edisi 3). Jakarta: Salemba Medika.

Sangadah, R. 2016. Identifikasi faktor pelaksanaan upaya pencegahan kematian ibu di Kabupaten Klaten dan Kota Surabaya. [Skripsi]. Universitas Airlangga.

Sani, K.F. 2016. Metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v12i1.713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Maudy Lila Kartika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.