Gambaran Karakteristik Mahasiswa Praktik Klinik Kebidanan I

Ika Friscila

Abstract


Latar belakang: Pembelajaran klinik berupa praktik klinik kebidanan merupakan praktik lanjutan setelah mahasiswa berhasil lulus pada praktik di laboratorium. Proses belajar mahasiswa dipengaruhi faktor dari internal dan eksternal dirinya.

Tujuan: Mengidentifikasi karakteristik mahasiswa praktik klinik kebidanan I

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dianalisa secara deskriptif. Sampel penelitian adalah mahasiswa praktik klinik kebidanan I sejumlah 25 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.

Hasil: Didapatkan bahwa karakteristik mahasiswa adalah rata-rata nilai Indeks Prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa semester II adalah 3,29, pendidikan ayah terakhir yang terbanyak adalah pada tingkat SMA (40%) sedangkan ibu pendidikannya yang terbanyak adalah setingkat SD (40%). Selain itu juga ada data mengenai pekerjaan ayah dan ibu, pekerjaan ayah yang terbesar adalah pedagang (36%), sedangkan pada ibu hasil yang terbanyak adalah tidak bekerja atau hanya ibu rumah tangga (IRT) (64%).

Kesimpulan: Karakteristik mahasiswa praktik klinik kebidanan I yaitu IPK rata-rata dinilai 3,29, pendidikan ayah sebagian besar SMA (40%), pendidikan ibu sebagian besar SD (40%), pekerjaan ayah yang terbesar adalah pedagang (36%) dan ibu hasil yang terbanyak tidak bekerja atau hanya ibu rumah tangga (IRT) (64%).

 

Kata Kunci: Karakteristik Mahasiswa, Praktik Klinik Kebidanan

 

Background: Clinical learning in the form of clinical practice in the field of midwifery is an advanced practice after students have successfully passed laboratory practice. The student learning process is influenced by internal and external factors.

Objective: Knowing the characteristics of midwifery clinical practice students I

Methods: This research is quantitative research which is analyzed descriptively. The research sample was 25 midwifery, clinical practice students. Data collection using a questionnaire.

Results: It was found that the characteristics of the students were the average grade point average of the second-semester students' cumulative grade point average was 3.29, the last father's education was high school (40%), while the highest level of education at the mother’s level was at the level of basic (40%). . Besides, there is also data on the work of fathers and mothers, where the largest father's occupation is traders (36%), while the majority of mothers are not working or are only housewives (64%).

Conclusion: The characteristics of the students in the midwifery practice of polyclinic I are that the average is assessed at 3.29, most of the fathers' education is a high school (40%), most of the mother's education in elementary school (40%), the father's biggest job is as a trader (36 %) and the result is that most of the mother does not work or only housewives (IRT) (64%).

 

Keywords: Midwifery Clinical Practice, Student Characteristics

 


References


Febianti, Y. N., & Joharudin, M. (2017). Faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 76–88.

Kemenkes. (2011). Kurikulum inti pendidikan Diploma III Kebidanan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan.

Pramaswari, E. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 1–6.

Putriku, A. E. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Penghasilan Orangtua, dan Minat Belajar Mahasiswa terhadap Prestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Stambuk 2014 Universitas HKBP Nommensen. NIAGAWAN, 7(1), 50–58.

Susilawati, D., Sari, E. P. P., & Nilakesuma, N. F. (2018). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Tingkat I dan II DIII Kebidanan Stikes Mercubaktijaya Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, 6(2), 84–93.

Susiloningtyas, I. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar dan Indeks Prestasi Kumulatif terhadap Keterampilan Pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim oleh Mahasiswa Prodi D3 Kebidanan Unissula Semarang. Siklus : Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 6(1), 181–187.

Yanti, Emilia, O., & Claramita, M. (2014). Persepsi Mahasiswa, Dosen dan Bidan Pembimbing tentang Model Pembelajaran Klinik Kebidanan yang Ideal. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia; The Indonesian Journal of Medical Education, 3(1), 62–71.




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v11i1.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Ika Friscila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.