PPENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENARCHE

Lukman Harun

Abstract


Latar belakang : Menarche atau haid pertama merupakan tanda penting yang di alami oleh seorang anak gadis saat usia pubertas. Menarche terjadi biasanya di tengah-tengah masa pubertas pada seorang wanita. Salah satu metode dalam melakukan pendidikan kesehatan yaitu dengan focus group discussion (FGD). FGD adalah diskusi yang dilakukan 2 orang atau lebih untuk mendiskusikan sebuah permasalahan yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan penelitian : Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode focus group discussion (FGD) terhadap tingkat pengetahuan tentang menarche. Metode penelitian : penelitian ini menggunakan desain penelitian studi literatur dari jurnal-jurnal yang yang dikampulkan oleh peneliti mengenai metode focus group discussion (FGD). Hasil penelitian : menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode focus group discussion (FGD). Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan metode focus group discussion sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang menarche.

Kata Kunci    : Pendidikan Kesehatan,  Focus Group Discussion (FGD), Pengetahuan, Menarche


ABSTRACT

Background : Menarche of first menstruation is an important sign experienced by a girl at puberty. Menarche occours usually in the middle of puberty in a woman. One of the methods in conducting health education is the focus group discussion (FGD). FGD is a discussion conducted by 2 or more people to discuss a predetermined problem. Objective  : To determine the effect of health education with a focus group discussion (FGD) method on the level of knowledge about menarche. Research Methods : This study uses a literature study research design from the journals that were submitted by researchers regarding the focus group discussion (FGD) method. Research Results : Showed that there was an effect of health education with the focus group discussion (FGD) method. Conclusion : It can be concluded that health education with focus group discussion method is very effective in increasing the knowledge about menarche.

Keywords : Health, FGD Education, Knowledge, Menarche


References


Aditya, N (2010). Perbedaan Pengaruh Metode FGD Dengan Metode SIG Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas XI Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Di SMK Muhammadiyah Semarang Tahun 2010. Karya Tulis Ilmiah Strata Satu, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Adiwati, R (2014). Tingkat Pengetahuan Siswi Kelas VII Tentang Menarche di SMP Warga Surakarta Tahun 2014. Karya Tulis Ilmiah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kusuma Husada Surakarta, Surakarta.

Agnes, Rosalina & Rinawati ((2017). Focused Group Discussion With Health Care Staff Improves Breastfeeding Rates In Hospitalized Infants. Paediatrica Indonesia, Vol 57 (4) (2017)

Akbar, Agung M (2019). Konsep-Konsep Dasar Dalam Keperawatan Komunitas, Yogyakarta : CV BUDI UTAMA

Anwar, S (2019). Pengaruh Merode Focus Group Discussion Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi di SMK Negeri 1 Alo’oa Kota Gunungsitoli. Jurnal Diversita. Vol 5(1) (2019)

Aswat, H (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) Terhadap Motivasi Belajar IPS Murid Kelas V SD Negeri II Bone-Bone Kota BauBau. PERNIK Jurnal PAUD. Vol 2(01) (2019)

Binus University (2014). Focus Group Discussion.Jakarta.

Budi Syawal, Darwin & Sahat (2019). Improving Teachers’ Classroom Action Research Proposal Preparation Through Academic Supervision FGD Technique. Advances inSocial Science, Education and Humanities Research, Vol 384 (2019)

Budiman & Riyanto A(2013). Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika

Celina, S (2019). Efektivitas Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Pengetahuan Pencegahan Anemia Dengan Metode Focus Group Discussion Pada Remaja Putri Di SMP Negeri 2 Ungaran Kabupaten Semarang

Emilia, Ova, Yayi Suryo Prabondari, dan Supriyati( 2019) . Promosi Kesehatan Dalam Lingkup Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Enny Fitriani & Azhar (2019). Layanan Informasi Berbasis Focus Group Discussion (FGD) dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Magister Psikologi UMA. Vol 11 (2) (2019)

Evans, Daryl (2019). Promosi Kesehatan dan Kesehatan Masyarakat Untuk Mahasiswa Keperawatan-Health Promotion And Public Health For Nursing Student/Darly Evan, Dina Cautsaftiki, dan C.Patricia Fathers ; Yogyarakarta : Rapha Publishing

Evi Yunita, N (2019). Efektivitas Metode Ceramah dan Focus Group Discussion (FGD) Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Wanita Usia Subur Mengenal Keluarga Berencana (KB).Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes. Vol 10 (1) 3(2019)

Gresty, M (2018). Efektivitas Pemberian Edukasi Dengan Metode Video dan Focus Group Discussion Terhadap Tingkat Pengetahuan Pasien DM Tipe 2 Di Klinik Diabetes Kimia Farma Husada Manado. Jurnal Keperawatan, Vol 6 (1) (2018)

Hendrik,H (2006).Problema Haid Tinjauan Syariat Islam dan Medis. Solo: Tiga Serangkai.

Heri D.J.Maulana,(2014) . Promosi Kesehatan, Jakarta : EGC

Irnawati, (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pengetahuan remaja putri kelas IV,V,VI tentang menarche di SD Negeri Karang kidul II Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Karya Tulis Ilmiah Strata Satu, Universitas Airlangga, Surabaya.

Jesica , F., Mario, E., & Maria. J. (2019). Pengaruh Pemberian Edukasi Dengan Metode Focus Group Discussion (FGD) Terhadap Kepatuhan Minum Obat Penderita Hipertensi Di Puskesmas Tahuna Barat. Jurnal Keperawatan, Vol 7(1) (2019).

Laksana Dharma, A (2018). Focus Group Discussion (FGD) Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sekolah Pertama (SMP). Karya Tulis Ilmiah Starata Satu, universitas Muhammadiyah Malang, Malang

Mashufa, W (2018). Efektivitas FGD (Focus Group Discussion) Tentang Kekerasan Pada Anak. P-ISSN : 2086-3071, E-ISSN : 2443-0900. Vol 9(01) (2018)

Mugawati,A (2016).Hubungan gaya hidup dengan kejadian menarche di SMA Negeri Driyorejo Kabupaten Gresik. Karya Tulis Ilmiah Strata 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Nugraeni, T (2019) . Perbedaan Pengetahuan Msyarakat Dalam Buang Air Besar Sebelum dan Sesudah Dilakukan Pendidikan Kesehatan Metode Focus Group Discussion Tentang Program Open Defecation Free Di Kelurahan Bandardjo Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang

Nurul, H ( 2018). Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Remaja Putri Prapubertas Dintinjau Dari Kedekatan Anak dan Ibu.Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 5(1) (2018)

Nurwana, (2017). Analisi Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Desminore Pada Remaja Putri Di SMAN 8 Kendari. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Vol 2 (6) (2017)

Prabasiwi, A(2011). Faktor-faktor yang berhubungan dengan status menarche pada siswi SMP 10 Tegal. Karya Tulis Ilmiah strata satu, Universitas Indonesia, Depok.

Ragil, R (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Alat Pelindung Telinga Dengan Penggunaannya Pada Pekerja Di Pt.X. Journal Of Industrial Hygiene And Occuphational Health. Vol 1 (1) (2016)

Timotius, Kris H(2017). Pengantar Metodologi Penelitian : Pendekatan Manajemen Pengetahuan Untuk Perkembangan Pengetahuan, Yogyarakarta : ANDI

Yati, A (2008).Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) Sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia. Vol 12(1) (2008)




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2.663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Lukman Harun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.