HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DENGAN PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN KELAS 3 DI RUANG DAHLIA RSUD DR. DORIS SYLVANUS PALANGKA RAYA

Melisa Frisilia

Abstract


ABSTRAK

 

Latar Belakang :Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan senang seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesenangan dan harapannya serta pelayanan kesehatan merupakan derajat dipenuhinya kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap asuhan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi yang baik. Asuhan keperawatan merupakan seluruh rangkaian proses keperawatan yang diberikan kepada pasien yang berkesinambungan yang di mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi dalam usaha memperbaiki ataupun memelihara derajat kesehatan yang optimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepuasan pasien dengan pelayanan asuhan keperawatan RSUD dr. Doris Sylvanus palangka raya.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan menjelaskan hubungan antara kepuasan pasien dengan pelayanan asuhan keperawatan. Sampel berjumlah 30 responden dengan tehnik sampling Purposive Sampling. Analisa data menggunakan uji Spearman’s Rho.

Hasil: Menunjukkan hubungan korelasi di tunjukkan oleh angka (p value = 0,000 < α 0,05), secara statistik ada hubungan korelasi bermakna antara variabel kepuasan pasien dan pelayanan asuhan keperawatan.

Kesimpulan: Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang berada di rumah sakit dapat ditingkatkan dengan lebih memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan oleh pasien seperti kenyaman pasien dalam mendapatkan pelayanan asuhan keperawatan di rumah sakit. Implikasi hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien sangat berkaitan dengan pelayanan asuhan keperawatan. Di rekomendasikan bagi pihak perawat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kepuasan pasien.

 

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Asuhan Keperawatan


References


Asmadi. (2008). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : EGC

Carpenito, Lynda Juall. (2000). Buku Diagnosa Keperawatan : Editor Monica Ester. EGC : Jakarta

Gerson, R.F. (2004). Mengukur Kepuasan Pelangga :Panduan Menciptakan Pelayanan Bermutu. Jakarta : PPM

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2008). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2011. Pengantar Konsep Dasar Keperawatan: Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Hernita, P. (2012). Panduan Praktis SPSS 20 Edisi 1. Yogyakarta: Andi; Semarang: Wahana Komputer.

Imbalo, S. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta : EGC.

Kotler, P. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keiler. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Koentjoro, Tjahjono.(2011). Regulasi Kesehatan di Indonesia. Cetakan Kedua. Yogyakarta: ANDI.

Notoadmodjo Soekidjo. 2010. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineke Cipta

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam.(2011). Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam praktek keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (edisi 3). Jakarta: Salemba Medika

Pohan, Imbalo S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Potter, Patricia A. Dan Perry Anne G. 2009. Fundamentals Of Nursing: Fundamental Keperawatan Buku1 Edisi 7. Jakarta: Salemba Medika.

Potter dan Perry. (2005). Buku Ajar Mental. Konsep Proses dan Praktek (edisi 4). EGC : Jakarta

Satrianegara, M. Fais. (2009). Buku Ajar Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Serta Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v11i1.613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Melisa Frisilia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.