Hubungan Pelaksanaan Patient Centered Care Dengan Pengalaman Klien Rawat Inap Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin

Ahmad Fauzan, Hariadi Widodo

Abstract


Latar Beakang: Pengalaman klien mencerminkan kejadian tertentu selama kunjungan pasin selama di rawat inap, pasien pada saat sekarang pasien semakin memahami hak-hak mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, sehingga tidak jarang keluhan, harapan, laporan, atau bahkan tuntutan mereka sampaikan bagian dari upaya untuk mempertahankan hak mereka sebagai penerima jasa pelayanan kesehatan

Tujuan: Menganalisis Hubungan Pelaksanaan Patient Centerred Care Dengan Pengalaman Pasien di Rumah Sakit Umum Sari Mulia Banjarmasin

Metode: Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis peneitian yang akan digunakan adalah survey pengalaman yang dilaksanakan dengan memakai rancangan deskriptif analitik dengan pendekatan Crosh Sectional. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel 77 klien. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square.

Hasil: Dari 77 responden yang diteliti oleh peneliti 72 (93.5%). responden menyatakan mempunyai pengalaman yang baik. Karena perawat Melakukan pelaksanaan Patient Centered Care dengan baik sehingga menimbulkan pengalaman yang baik juga. sedangkan dari 5 responden (6,5%) mengatakan pengalamannya tidak baik,

Kesimpulan: Hubungan yang bermakna Antara Pelaksanaan Patient Centered Care terhadap pengalaman klien di RSU Sari Mulia Banjarmasin. Bila semakin tinggi pelaksanaan Patient Centered Care maka semakin tinggi juga tingkat pengalaman yang didapat.

Kata Kunci: Patient Centered Care, Pengalaman Dan Mutu Pelayanan


Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Azwar, S. 2009. Tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamidiyah. 2016. Hubungan pengalaman pasien tentang kualitas peayanan dengan minat kunjungan ulang. [internet]. 16(2): 57-59. Tersedia pada: https://docplayer.info/39993670-Hubungan-pengalaman-pasien tentang-kualitas-pelayanan-dengan-minat-kunjungan-ulang. [Diakses 20 Juni 2019].

Lumenta, 2012. Patient Centered Care Sebagai Trend Global dalam Pelayanan Pasien. Workshop Keselamatan Pasiendan Manajemen Risiko klinis.Ketua Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit. PERSI.

Marti, Eva, 2015. Studi FenomenologiPenerapan Prinsip Patient Cetered Care Pada Saat Proses Resusitasi Di IGD RSUD Saiful Anwar Malang. the Indonesian Journal Of Health Sceince. 6(1):73-89. Dapat di akses file:///C:/Users/Acer/Downloads/39-68-1-PB%20(5).pdf

National Training Center, 2001. “Patient Experience Improvement Toolkit-A Guide for Family Planning Agencies” dapat di akses www.jis.com/JSIInternet/Inc/Common/_download_pub.cfm?id=14155&lid=3. Di unduh 15 juni 2019

Notoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nugroho J. Setiadi, 2013 Akses terhadap pelayanan Patient Centered Care. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Salemba Medika.

Supriyanto S. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Madiun: Percetakan Pohon Cahaya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, W. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Health Advocacy.




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Ahmad Fauzan, Hariadi Widodo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.