Pengaruh Edukasi Berbasis Keluarga Terhadap Pelaksanaan IMD Untuk Pencapaian ASI Ekslusif Untuk Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Pada Periode Emas

Tetti Seriati Situmorang, Riska Susanti Pasaribu

Abstract


Latar Belakang:Pada periode emas sangat urgen dan efektif untuk dilakukannya optimalisasi berbagai aspek tumbuh kembang guna membentuk SDM berkualitas. Pada periode ini otak mengalami perkembangan paling cepat dalam sejarah kehidupannya yaitu hingga 80%. ASI adalah makanan terbaik di awal kehidupan. Keberhasilan ASI Eksklusif berawal dari terlaksananya proses IMD. Lamanya waktu ASI keluar pada kali pertama menyusu menjadi penyebab terbesar kegagalan ASI Eksklusif. Diperburuk lagi dengan persepsi keluarga bahwa penyebab bayi menangis adalah karena ASI tidak keluar/tidak cukup sehingga perlu diberikan susu formula.

Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh edukasi berbasis keluarga terhadap pelaksanaan IMD.

Metode:Desain penelitian menggunakan quasi experiment, pre test and post test with control group design. Diawali dengan melakukan pre test pada kedua kelompok responden, selanjutnya pada kelompok intervensi dilakukan edukasi berbasis keluarga (melibatkan suami/1 orang anggota keluarga lainnya) tentang IMD sebanyak 3 kali pertemuan. Tahap ketiga melakukan post test pada kedua kelompok. Jumlah responden sebnayak 40 orang masing-masing kelompok 20 ibu hamil. Analisis data menggunakan Wilcoxon test dan Mann whitney test.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara edukasi berbasis keluarga terhadap pelaksanaan IMD (p value = 0.004). Secara alamiah bayi baru lahir sehat dapat melakukan proses IMD, pengetahuan dan sikap ibu dan kelaurga perlu ditingkatkan.

Simpulan:Disarankan penerapan edukasi berbasis keluarga terhadap pelaksanaan IMD untuk peningkatan pencapaian ASI Eksklusif

Kata Kunci: Edukasi berbasis keluarga, IMD

 

Background: In the golden period it was very urgent and effective to optimize various aspects of growth and development in order to form quality human resources. In this period the brain experiences the fastest development in its life history, which is up to 80%. Breast milk is the best food in early life. The success of the exclusive ASI began with the implementation of the IMD process. The length of time that milk comes out the first time is the biggest cause of failure. To make matters worse, the family's perception that the cause of the baby crying is because the milk is not coming out / not enough so formula milk needs to be given.

Objective: This study aims to identify the effect of family-based education on the implementation of IMD.

Methods: The study design used a quasi experiment, pre test and post test with control group design. It starts with a pre-test for the two groups of respondents, then in the intervention group a family-based education (involving husband / 1 other family member) about IMD is held 3 times. The third stage is to do a post test on both groups. The number of respondents was 40 people in each group of 20 pregnant women. Data analysis using Wilcoxon test and Mann Whitney test.

Results: The results showed that there was a significant effect between family-based education on the implementation of IMD (p value = 0.004). Naturally a healthy newborn can do the IMD process, knowledge and attitudes of the mother and family need to be improved.

Conclusion: It is recommended the application of family-based education to the implementation of IMD to increase the achievement of exclusive breastfeeding

Keywords: Family-based education, IMD


Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. (2014) Buku Pedoman 1000 Hari Awal Kehidupan.

Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Arief, N. (2011). Panduan Ibu Cerdas ASI dan Tumbuh kembang Bayi. Yogyakarta: MedPress.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. (2017) Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016. Medan.

Juwono, L. (2016). Menyussui: Cara Mudah, Praktis dan Aman. Jakarta: Arcan.

Puskesmas Namo Rambe .(2018). Profil Kesehatan Puskesmas Namo Rambe Tahun 2017. Kecamatan Namo Rambe.

Kemenkes RI. (2016). Pedoman Umum Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. Jakarta: Kemenkes RI.

Roesli, U. (2012). Panduan Inisisasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif. Depok: Pustaka Bunda.

Novianti, R. (2012). Menyusui Itu Indah. Yogyakarta: Octopus.

Widianto, G & Rostiawati, Y.(2016). Cara Menyusui Yang Baik. Jakarta: Arcan.

Hani’ah, M.(2014). Buku Pintar ASI Eksklusif. Yogyakarta: DIVA Press

Sulistyoningsih, H. (2011). Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyani, S, N. (2013).ASI dan Panduan Ibu Menyusui.Yogyakarta: Nuha Medika.

Soetjiningsih. (2012). ASI: Petunjuk Untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Friedman, M. (2015). Keperawatan Keluarga: Teori dan Praktik.Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Aziz, S. (2015). Pendidikan Keluarga; Konsep dan Strategi.Yogyakarta: GAVA Media.

Pedoman Perencanaan Program Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi Dalam Rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan (Gerakan 1000 HPK) RI (2013).

Jaringan Nasional Pelatihan Klinik- Kesehatan Reproduksi. (2012). Inisiasi Menyusu Dini.

Notoatmodjo, S, 2007, Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Naim, R. 2007, edukasi berbasis keluarga terhadap intensi ibu hamil untuk optimalisasi nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan. http://jkp.fkep.unpad.ac.id/index.php/jkp/article/view/475/166




DOI: https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Tetti Seriati Situmorang, Riska Susanti Pasaribu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.