Identifikasi Kebutuhan Mahasiswa Dalam Layanan Bimbingan Akademik Di STIKES Sari Mulia
Abstract
Â
Latar Belakang: Layanan bimbingan akademik adalah proses membantu mahasiswa mencapai perkembangan optimal selama menjalani masa pendidikan dan dosen pembimbing akademik (DPA) adalah orang yang bertanggung jawab akan hal tersebut. Pemberian pelayanan yang optimal dengan menerapkan prinsip caring dapat mengantar mahasiswa mencapai kesuksesan yang optimal.
Tujuan Penelitian: Mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa dalam proses pelaksanaan bimbingan akademik
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi ilmu keperawatan STIKes Sari Mulia dengan jumlah partisipan sebanyak 14 orang yang terdiri dari berbagai semester. Teknik pengambilan sampel menggunakan kouta sampel. Teknik pengambilan data menggunakan kelompok diskusi terarah dengan menggunakan 2 kelompok grup diskusi.
Hasil Penelitian: Kebutuhan mahasiswa dalam proses bimbingan akademik yaitu mengetahui identitas diri dosen pembimbing akademiknya, dosen pembimbing akademik dapat mengingat namanya, dosen pembimbing akademik mampu berkomunikasi efektif, dosen pembimbing akademik memiliki sikap empati, dosen pembimbing akademik memberikan dukungan, membantu membuat intervensi/menentukan implementasi, dan dosen pembimbing akademik menyediakan lingkungan aman dan nyaman untuk melakukan bimbingan.
Kesimpulan: Kebutuhan mahasiswa dalam pelayanan bimbingan akademik dihasilkan satu tema yaitu bimbingan akademik yang suportif.
Keyword : Bimbingan Akademik, Kebutuhan mahasiswa, Caring
Background: Academic guidance services are the process of helping students achieve optimal development during their education and an academic supervisor (DPA) is the person responsible for this. Providing optimal service by applying the caring principle can lead students to achieve optimal success.
Research Objectives: Identify student needs in the process of implementing academic guidance
Research Methods: This study uses descriptive qualitative methods. The subjects in this study were STIKes Sari Mulia nursing science students with 14 participants consisting of various semesters. The sampling technique uses sample samples. The data collection technique uses focus group discussions using 2 groups of discussion groups.
Research Results: Student needs in the academic guidance process, namely knowing the identity of the academic supervisor, academic supervisor can remember his name, academic supervisors able to communicate effectively, academic supervisors have empathetic attitudes, academic supervisors provide support, help make interventions / determine implementation and academic supervisors provide a safe and comfortable environment for guidance.
Conclusion: Student needs in academic guidance services produced a theme, namely supportive academic guidance.
Keyword: Academic Guidance,Caring, Student Needs,
Full Text:
FULL TEXT PDFReferences
Ariati, J. 2010. Subjective well-being (kesejahteraan subjektif) dan kepuasan kerja pada staf pengajar (dosen) di lingkungan fakultas psikologi universitas diponegoro. Jurnal Psikologi, 8(2), 117-123.
Anirah, A. 2016. Mekanisme Layanan Bimbingan Akademik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Palu. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 4(1), 49-80.
Kamaluddin. 2011. Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 447-454.
Masturi, A. 2010. Membangun Relasi Sosial Melalui Komunikasi Empatik (Perspektif Psikologi Komunikasi). KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(1), 14-31.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. 2016. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56-63.
Sukesi, N. 2013. Upaya Peningkatan Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap RS Permata Medika Semarang. Jurnal Manajemen Keperawatan, 1(1).
Ilkafah & Harniah. 2017. Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Private Care Centre RSUP dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. Ejurnal keperawatan UMM. 8(2), 2443-0900
Arief, Y. S., Ertawati, E., & Laili, D. 2017. Nurse’Caring Behaviour Improve The Satisfaction of Patient’s Mother. Jurnal Ners, 4(2), 144-148.
Bhakti, C. P. 2018. Ketersediaan Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 2(2), 100-104.
Intishar, F., Chanum, I., & Badrujaman, A. 2015. Pemenuhan Standar Sarana Dan Prasarana Bimbingan Dan Konseling (Survei Terhadap Sekolah Menengah Atas Negeri Di Jakarta Barat). Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 25-31.
Setyowati, N., & Quyumi, E. 2018. Gambaran Sikap Caring Yang Praktik Klinik di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6 (2), 2579-7301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rian Tasalim, Erna Rochmawati, Shanti Wardaningsih, Novita Kurnia Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.