Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bullying Dengan Metode Role Play Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja SMPN

Wenna Araya, Desy Natalia, Chori Marida

Abstract


Latar Belakang: Remaja adalah individu yang sedang berada pada masa perkembangan transisi antara masa anak-anak dan masa dewasa. Tugas perkembangan pada masa remaja yang disertaiberkembangnya kapasitas intelektual, stres, yang membuat mereka mengambil resiko berperilaku agresif. Salah satu perilaku agresif atau masalah yang sering terjadi pada remaja adalah perilaku bullying. Bullying merupakan perilaku berulang yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok kepada orang ataupun kelompok lain yang bertujuan untuk mengintimidasi, merendahkan, dan menyinggung.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang bullying dengan metode role play terhadap pengetahuan dan sikap remaja SMPN.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Pra-eksperimental dengan pendekatan one-group pra-post test design dan menggunakan teknik purposive sampling serta menggunkan uji statistik wilcoxon dengan 60 responden.

Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil uji statistik pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap menunjukan nilai significancy (Ï value= 0,000< α 0,05) yang artinyaHa diterima sehingga ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang bullying dengan metode role playterhadap pengetahuan dan sikap pada remaja SMPN.

Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh pendidikan kesehatan tentang bullying dengan metode role play terhadap pengetahuan dan sikap. Saran untuk tempat penelitian diharapkansebagai bahan masukan atau sebagai informasi bagi seluruh siswa khususnya siswa SMPN. untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam memecahkan masalah serta diharapkan adanya program antibullying sebagai pencegahan maupun penanggulangan bullying di sekolah.

Kata Kunci: Bullying, Metode Role Play, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Sikap


                                                             ABSTRACK

Background: Teenagers are individuals who are in a period of transition between childhood and adulthood. Developmental tasks in adolescence accompanied by the development of intellectual capacity, stress, which makes them risk aggressive behavior. One aggressive behavior or problem that often occurs in adolescents is bullying behavior. Bullying is a repetitive behavior carried out by a person or group to another person or group that aims to intimidate, demean, and offend.

Research objective: to determine the effect of health education about bullying by role play method on the knowledge and attitudes of teenagers in Junior High School.

Research Methods: This study used a pre-experimental method with one-group approach pre-post test design and used purposive sampling technique and used Wilcoxon statistical test with 60 respondents.

Research Results: Based on the results of statistical tests the effect of health education on knowledge and attitudes shows the value of significancy (Ï value = 0,000 <α 0,05) which means that Ha is accepted so that there is the effect of health education about bullying by role play method on the knowledge and attitudes on teenagers in Junior High School.

Conclusion: The results showed the effect of health education about bullying by role play method on knowledge and attitudes. Suggestions for the research place are expected as input or as information for all students, especially in Junior High School to improve their knowledge and attitudes in solving problems and it is expected that there is an antibullying program as prevention and overcoming bullying in schools.

Keywords: Attitude, bullying, health education, knowledge, role play method.


Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Azizah, Nur Fitry. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Norma Subjektif Remaja Tentang Bullying. Skripsi Publikasi. Semarang: Universitas Muhammadiyah Surakarta Semarang.

Erginoz, E. et al. 2015. The Role Of Parental, School,And Peer Factors In Adolescent Bullying Involvement: Result From The Turkish HBSC 2005/2006 Study. Asia-Pacific Journal of Publick Health. 27(2).

Lagmin, Gomez. 2016. Bullying Prevention – UNICEF Report Reveals Bullying Is a Worldwide Problem. [Internet]. Tersedia pada: http://www.thegomezfirm.com/bullying-prevention-unicef/. [Diakses pada 3 Maret 2018].

Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Ed. 4. Jakarta: Salemba Medika.

Paramitha,Rosani. 2017. Hubungan Perilaku Bullying Dengan Depresi Pada Remaja Di SMK Kosgoro 1 Kota Padang. Padang: Universitas Andalas.

Paudia. 2013. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku BullyingPada Siswa Kelas VIII SMP H Isriati Semarang. Skripsi dipublikasikan. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Sejiwa. 2010. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT. Grasindo.

Setyawan, D. 2014. Komisi Perlindungan Anak Indonesia. [Internet]. Tersedia pada: http://www.kpai.go.id/berita/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter/. [Diakses 13 maret,

.

Stokowski, L A. 2018. A matter of respect and diginity: bullying in the nursing profession. [Internet]. Tersedia pada: http://www.nurse_bullying_2010._docxx.pdf. [Diakses 15 Maret 2018].

Suryagustina, Helly Damayanti, Rimba Aprianti. 2017. Hubungan Mekanisme Koping Dengan Sikap Siswa Berdasarkan Teori Abraham Maslow di SMAN 3 Palangka Raya. Palangkaraya: Stikes Eka Harap Palangka Raya.

Suryaningseh, Wulan. 2016. Pengaruh pendidikan kesehatan melalui audiovisual terhadap perilaku bullying pada anak usia sekolah di SD Muhammadiyah Malang Gamping sleman Yogyakarta: Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Syahli,R. 2017. Hubungan Peran Teman Sebaya (Peer Group) Dengan Perilaku Bullying Di Smkn 5 Padang. Padang: Universitas Andalas.

Wiyani, Novan A. 2012. Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Wenna Araya, Desy Natalia, Chori Marida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.