Hubungan Sikap Dan Lingkungan Sosial WUS Dengan Pemeriksaan IVA Di PUSKESMAS Pekauman Banjarmasin

St. Hateriah St. Hateriah, Dini Rahmayani, Lucia Kurnia Dewi Utami

Abstract


Tujuan: Mengidentifikasi Hubungan sikap dan Lingkungan Sosial yang mempengaruhi WUS dengan pemeriksaan IVA sebagai pencegahan kanker serviks di Puskesmas Pekauman Banjarmasin Tahun 2017.

Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah WUS yang sudah menikah pada bulan mei 2017 yang berjumlah 2037 orang dan sampel responden yaitu berjumlah 95 responden dengan teknik pengambilan random sampling. Data dianalisis menggunakan Uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 97%.

Hasil: Menunjukan dari variable sikap dengan pemeriksaan IVA terdapat tidak ada hubungan sikap WUS dengan melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas Pekauman Banjarmasin, ditandai dengan nilai p=0,711 > α 0,05. Dan dari variable lingkungan social dengan pemeriksaan IVA terdapat hubungan lingkungan sosial WUS dengan melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas Pekauman Banjarmasin, ditandai dengan nilai p=0,00 < α 0,05

Simpulan: Tidak ada hubungan sikap WUS dengan melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas Pekauman Banjarmasin dan Ada hubungan lingkungan sosial WUS dengan melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas Pekauman Banjarmasin. 

Kata Kunci: Sikap, Lingkungan Sosial, IVA


Objective : Identify relationship attitude and Social Environment that affect WUS with IVA examination as prevention of cervical cancer at Pekakesmas Pekauman Banjarmasin Year 2017.Technology or Method : This research uses analytical research with cross sectional approach. The population of this study were married WUS on May 2017 which amounted to 2037 people and respondent sample that amounted to 95 respondents with random sampling technique. Data were analyzed using Chi-Square Test with 97% confidence level.Results : Showing of attitude variable with IVA examination there is no relation of WUS attitude by doing IVA examination in Pekakesmas Pekauman Banjarmasin, marked with value p = 0,711> α 0,05. And from social environment variable with IVA examination there is a relation of social environment of WUS by doing IVA examination at Pekakesmas Pekauman Banjarmasin, marked with value p = 0,00 <α 0,05Conslusion : There is no correlation between WUS attitudes by performing IVA examination at Pekakesmas Pekauman Banjarmasin and There is a relation of WUS social environment by doing IVA examination at Pekakesmas Parmumanin Banjarmasin. Keywords : Attitude, Social environment, IVA 

Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Ariani, Ayu Putri. 2014. Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Budiman dan Riyanto, Agus. 2013. Kapita Salekta Kuisioner: Lingkungan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Badan Litbangkes Kementrian Kesehatan RI dan Data Penduduk Sasaran. 2013.Data Riset Kesehatan dasar 2013.Jakarta: Pusdatin Kementrian Kesehatan RI.

Emilia, O. dkk. 2010. Bebas Ancaman Kanker Serviks. Yogyakarta: Media Pressindo.

Manuaba. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.

Novel, Sinta, dkk., 2010. Kanker serviks dan infeksi human pappilomavirus (HPV). Jakarta: Javamedia Network

Nursalam, 2009. Konsep dan Penerapan Metedologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Prawirohardjo, Sarwono. 2005. Ilmu Kandungan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Rasjidi I, Sulistiyanto H. 2007. Vaksin Human Papilloma Virus dan Eradikasi Kanker Mulut Rahim. Jakarta: Sagung Seto.

Sukaca, Bertiani E. 2009. Cara Cerdas Menghadapi Kanker Serviks (Leher Rahim). Yogyakarta: Genius Printika.

Yayasan Kanker Indonesia.2013. Kanker di Indonesia tahun 2013, Jakarta: Dirjen Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI, Badan Registrasi Kanker IAPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 St. Hateriah St. Hateriah, Dini Rahmayani, Lucia Kurnia Dewi Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.