Uji Kandungan Rhodamin B dan Formalin Pada Jajanan Anak Di Sekolah Dasar Kota Banjarbaru

Wardatul Kartini, Bayu Hari Mukti Mukti

Abstract


 

Latar Belakang : Saat ini diketahui banyak PJAS mengandung Bahan Tambahan Makanan yang tidak memenuhi persyaratan dan menggunakan bahan berbahaya (formalin, rhodamin B).

Tujuan :  untuk mengidentifikasi kandungan dan kadar rhodamin B dan formalin dalam jajanan yang dijual di Sekolah Dasar Kota Banjarbaru.

Metode : Analisis rhodamin B dan formalin dilakukan dengan 2 metode uji yaitu uji kualitatif untukrhodamin B dan formalin dengan kit test dan uji kuantitatif untuk menentukan kadar zat rhodamin B menggunakan metode spektrofotometri UV-Vis sedangkan formalin menggunakan metode titrasi iodometri.

Hasil : penelitian menunjukkan bahwa dari 10 sampel untuk uji rhodamin B yang diperiksa, tidak terdapat kandungan rhodamin B pada sampel tersebut. Sedangkan hasil uji pada formalin menunjukkan bahwa pada 8 sampel yang diperiksa, 6 sampel yang mengandung formalin.

Simpulan : dalam pangan jajanan anak sekolah di kota Banjarbaru bahwa tidak ada kandungan Rhodamin B pada jajanan dari sepuluh sampel yang diuji. Sedangkan pada uji formalin, masih ditemukan adanya kandungan formalin dari delapan sampel jajanan yang diuji dengan kadar yang bervariasi.

 

Kata Kunci: Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), Rhodamin B , Formalin

 


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2007. Food Watch: Sistem Keamanan Pangan Terpadu: Jajanan Anak Sekolah, Badan POM RI, Jakarta.

Djarismawati. 2004. Pengetahuan dan Perilaku Pedagang Cabe Merah Giling dalam Penggunaan rhodamin B di Pasar Tradisional di DKI Jakarta. Jurnal Ekologi Kesehatan Volume 3(1).

Jurnal Al-Zahra Indonesia Seri Sains dan teknologi, Vol. 1, No. 2, September 2011.

Nestman. 1979. The Merck Index. Merck Publishing: USA.

Noriko, Nita. 2011. Studi Kasus Terhadap Pewarna, Pemanis Buatan dan Formalin pada Jajanan Anak di SDN Telaga Murni 03 dan Tambun 04 Kabupaten Bekasi. Jakarta. Jurnal Al- Zahra Volume 1 (2)

Slamet, s. 1994. Kesehatan Lingkungan. Gajah Mada University, Yogyakarta. Cara Uji Pewarna Tambahan Makanan.

SNI ISO 12460-3:2010.

Sudjana. Metode Statistika, edisi statistika. 6 th ed. Bandung: Penerbit Tarsito: 2002.

Sumarlin L. 2010. Identifikasi Pewarna Sintetis pada Produk Pangan yang Beredar di Jakarta dan Ciputat. Jurnal Valensi Volume 1(6)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Wardatul Kartini, Bayu Hari Mukti Mukti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.