HUBUNGAN SENAM HAMIL DENGAN PERSALINAN PADA IBU BERSALIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANTA TAHUN 2016

Elvine Ivana Kabuhung, Laurensia Yunita, Rusmiati Sinaga

Abstract


Latar Belakang: Salah satu penyebab tingginya angka kematian maternal dan perinatal di Indonesia dan negara-negara berkembang adalah akibat partus lama. Senam hamil adalah salah satu cara untuk mengatasi partus lama yaitu dapat memperkuat kontraksi, melenturkan jalan lahir dan mengatur pernafasan pada saat persalinan. Di Puskesmas Tanta sudah dilaksanakan senam hamil dan masih ditemukan persalinan tidak normal dan kebanyakan akibat kala II lama hal ini disebabkan ibu bersalin ini tidak melaksanakan senam hamil.
Tujuan Penelitian: penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan senam hamil dengan persalinan pada ibu bersalin di wilayah kerja Puskesmas Tanta Tahun 2016
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan rancangan retrospektif. Sampel yang digunakan sebanyak 212 ibu bersalin dengan teknik acak sederhana sistematis (sistematik simple random sampling). Data yang digunakan adalah data sekunder dengan uji chi-square.
Hasil Penelitian: Nilai p value 0,000 < α=0,05 yang artinya ada hubungan yang signifikan senam hamil dengan persalinan pada ibu bersalin di Puskesmas Tanta Tahun 2016. Ibu yang melakukan senam hamil sebagian besar mengalami persalinan normal dibandingkan ibu yang tidak melakukan senam hamil dan kebanyakan mengalami kala II lama.
Simpulan: Dengan melakukan senam hamil cenderung akan mengalami persalinan normal karena sudah mendapat latihan gerakan penguatan otot-otot yang berhubungan dengan jalan lahir, mengetahui teknik-teknik pernafasan dan kapan waktunya mengedan sehingga disarankan semua ibu hamil rutin melakukan senam hamil untuk memperlancar proses persalinan.
Kata Kunci : Senam Hamil,Persalinan


Full Text:

PDF

References


Depkes RI. 2009. Senam Ibu Hamil. Jakarta.

Depkes RI. 2010. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta.

Depkes RI. 2011. Selamat Datang di Kelas Ibu Hamil. Jakarta.

Dwi O. 2015. Hubungan Antara Senam Hamil Dengan Proses Persalinan di Wilayah kerja Puskesmas Sumowono Kabupaten Semarang. Sikripsi.

Ida, 2012. Senam Hamil. Didapat dari http://www.mediabangsa.com/home/112-kehamilan/572-senam-hamil.pdf. tanggal akses 30 November 2013.

Maryunani, dkk. 2011. Senam Hamil, Senam Nifas dan Terapi Musik. Jakarta: Trans Info Media.

Nirwana. 2011. Kapita Selekta Kehamilan. Jogjakarta: Nuha Medika.

R.Topan, 2015. Analisis Statistik Penelitian Keseshatan, Banjarmasin: In Media.

Supriatmaja. 2003. Pengaruh Senam Hamil Terhadap kala I dan II. Denpasar: FKMUI.

Yusnia. 2015. Hubungan Senam Hamil Dengan Persalinan Kala II pada Ibu Primigravida di RS Sadewa Yoyakarta: Skripsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Elvine Ivana Kabuhung, Laurensia Yunita, Rusmiati Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.