Psikopatologi Dan Kepribadian Mahasiswi Akademi Kebidanan Sari Mulia Sebelum Masa Pendidikan Berdasarkan MMPI-2

Herdiantri Sufriyana

Abstract


Latar Belakang Untuk membangun ranah sikap peserta didik kebidanan, dalam pencapaian kompetensi mereka sebagai bidan, perlu diketahui psikopatologi dan kepribadian sebelum masa pendidikan yang mempengaruhi sikap personal mereka.

Tujuan Mengetahui gambaran psikopatologi dan kepribadian mahasiswi Akademi Kebidanan Sari Mulia sebelum masa pendidikan berdasarkan MMPI-2.

Metode Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif secara potong lintang, yaitu sebelum masa pendidikan. Sejumlah 203 subjek menjalani tes MMPI-2 dan diambil sampel 140 orang dengan teknik proportional cluster random sampling dalam 4 kelas. Lembar jawaban subjek diproses oleh perangkat lunak komputer.

Hasil Nilai median semua skala klinis dalam batas normal, kecuali MF (T=67). Nilai maksimum D (T=87), Hy (T=77), MF (T=84), Pa (T=103), Pt (T=73), Sc (T=88), Ma (T=88) dan Si (T=71) di luar batas normal. Nilai median AGGR (T=59) dan PSYC (T=70) di atas 50. Nilai PSYC di atas 60 dan diasosiasikan terutama dengan Pa (T=103). DISC (T=41), NEGE (T=48) dan INTR (T=46) di bawah 50 dan di atas 40.

Kesimpulan Gambaran psikopatologi yang dominan adalah maskulinitas dan paranoia sedangkan gambaran kepribadian yang dominan adalah agresif, cenderung paranoid, menyukai rutinitas, mematuhi prosedur, sulit mengambil keputusan di luar prosedur, sulit dikritik, memiliki kemampuan refleksi diri yang rendah, mudah bersosial dan penuh energi dalam melakukan berbagai hal.

 

Kata kunci: psikopatologi, kepribadian, MMPI-2, sikap personal.


Full Text:

PDF

References


Indeks Pembangunan Manusia [Internet]. Wikipedia. 2013. Available from: http://id.wikipedia.org/wiki/Indeks_Pembangunan_Manusia

Rokx C, Giles J, Satriawan E, Marzoeki P, Harimurti P, Yavuz E. New Insights into the Provision of Health Services in Indonesia: A Health Workforce Study. Washington DC: The World Bank; 2010. p. 25–31.

Competence (human resources) [Internet]. Wikipedia. 2013. Available from: https://en.wikipedia.org/wiki/Competence_(human_resources)

Bakarman AA. Attitude, Skill, and Knowledge (ASK): a New Model for Design Education. King Saud University; p. 2–6.

Attitude (psychology) [Internet]. Wikipedia. 2013. Available from: https://en.wikipedia.org/wiki/Attitude_(psychology)

Hegemonic masculinity [Internet]. Wikipedia. 2013. Available from: http://en.wikipedia.org/wiki/Masculinity

Femininity [Internet]. Wikipedia. 2013. Available from: http://en.wikipedia.org/wiki/Femininity

Paranoia [Internet]. Wikipedia. 2013. Available from: http://en.wikipedia.org/wiki/Paranoia

Minnesota Multiphasic Personality Inventory [Internet]. Wikipedia. 2013. Available from: https://en.wikipedia.org/wiki/Minnesota_Multiphasic_ Personality_Inventory

Harkness AR, McNulty JL, Ben-Porath YS, Graham JR. MMPI-2 Personality Psychopathology Five (PSY- 5) scales: Gaining an overview of case conceptualization and treatment planning. Minneapolis: University of Minnesota; 2002.

Wygant DB, Sellbom M, Graham JR, Schenk PW. Incremental validity of the MMPI-2 PSY-5 scales in assessing self-reported personality disorder criteria. Assessment. 2006;13(2):178–86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Herdiantri Sufriyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.