HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II

Yayu Puji Rahayu, Machli Riyadi, Neneng Safitri

Abstract


Latar Belakang. Proses pembelajaran sangat erat kaitannya dengan keberhasilan dosen dalam menumbuhkan motivasi belajar dari peserta didik melalui metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen dalam menyampaikan materi di kelas, yang doseninginkanadalah bagaimana materi perkuliahan yang disampaikan dapat dikuasai oleh mahasiswa secara tuntas. Ini merupakan masalah yang cukup sulit dirasakan oleh dosen.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran dengan motivasi belajar mahasiswa tingkat II di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Accidental Sampling dengan instrument penelitian berupa kuesioner yang dibagikan langsung pada mahasiswa tingkat II Akademi Kebidanan Sari
Mulia Banjarmasin. Analisis data diolah dengan uji chi square dengan taraf signifikasi α=0,1. 

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 67 responden didapatkan bahwa sebagian besar responden sebanyak 27 orang atau 40,4% dominan memilih metode pembelajaran diskusi menghasilkan motivasi sedang sebanyak 16 orang atau 24%.

Kata Kunci:Metode pembelajaran, Motivasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Darmawan, D. dan Permasih. 2011.

Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan

Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Muchicth, S. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Pujadi, Arko. 2007. Faktor yang Mempengaruhi Motivasi

Mahasiswa: Studi Kasus PadaFakultas Ekonomi Universitas

Bunda Mulia. Businness And Management Journal Bunda Mula

Vol: 3, no 2, September 2007.

Rusmana, M. I. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran dan Teknik Motivasi Terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa SMA. Program Studi Pendidikan

Matematika FTMIPA Unindra PGRI Jakarta.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeda.

Sunardi.2002. Pola dan Model Pembelajaran Afektif. Malang:

Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang.

Taufiq. F.2007. Motivasi Siswa Memilih Ekstrakurikuler Bulutangkis di SMA Piri 1 Yogyakarta. Skripsi.

Yogyakarta: FIK UNY.

Purba, Herawaty N. 2009. Hubungan Motivasi Ekstrinsik Dalam

Pembelajaran Laboratorium Dengan Kemampuan Dalam

Persalinan Asuhan Persalinan Normal Mahasiswa Semester V

Akademi Kebidanan Imelda Medan Periode 2008/2009. Program Studi D-IV Bidan Pendidik Sumatera Utara.

Uno. H. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Yayu Puji Rahayu, Machli Riyadi, Neneng Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.