FAKTOR PSIKOLOGI KLIEN MEMILIH RUMAH SAKIT SARI MULIA SEBAGAI PELAYANAN RAWAT INAP

Mohammad Basit, Sukarlan Sukarlan, Devi Lusiana

Abstract


Latar Belakang : Faktor psikologi merupakan faktor internal konsumen yang sangat penting untuk diketahui manajemen rumah sakit karena rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang berorentiasi pada konsumen, sehingga perlu untuk selalu berinteraksi terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Faktor ini timbul dari dalam diri konsumen itu sendiri yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap konsumen akan layanan rumah sakit yang dimanfaatkan

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor psikologi klien memilih Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin menjadi tujuan pelayanan rawat inap


Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengambilan sample Accidental Sampling. Sampel terdiri dari 20 klien rawat inap dengan kriteria yang telah ditentukan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner lalu kemudian di analisis menggunakan pearson product moment

Hasil : Hasil menunjukkan jika faktor psikologi klien berupa motivasi, persepsi, pembelajaran serta keyakinan dan sikap klien memilih rumah sakit sari mulia banjarmasin menjadi tujuan pelayanan rawat inap sebesar 90% termasuk dalam kategori baik.

Kesimpulan : Faktor psikologi seperti motivasi, persepsi, pembelajaran sikap dan keyakinan sangat berperan penting dalam proses pengambilan keputusan klien memilih rumah sakit sari mulia banjarmasin menjadi tujuan pelayanan rawat inap.

Kata Kunci : Motivasi, Persepsi, pembelajaran dan sikap serta keyakinan.


Full Text:

PDF

References


Artati. K. R (2005) Analisis kebutuhan dan

kesediaan pasien akan pelayanan rawat inap di poliklinik 24 jam PT. rumah sakit Pelabuhan Surabaya cabang Semarang. Thesis Universitas Diponegoro

Hidayat, A.Aziz Alimul. (2008) Pengantar

Konsep dasar keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, A.A.A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan & Teknik Analisis Data. Jakarta: Selemba Medika

Irine. D. S. (2010) Manajemen pemasaran

usaha kesehatan Jogyakarta: NuhaMedika Notoatmodjo, Soekidjo. (2010) Metodelogi penelitian kesehatan Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Mohammad Basit, Sukarlan Sukarlan, Devi Lusiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.