PENGARUH GAYA BELAJAR DAVID KOLB TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN PADA KEHAMILAN DI AKADEMI KEBIDANAN SARI MULIA BANJARMASIN
Abstract
Latar belakang : Mahasiswa yang berada dalam lingkungan yang sama, mendapat perlakuan yang sama belum tentu akan memiliki pemahaman, pemikiran, dan pandangan yang sama terhadap perkuliahan. Sehingga gaya belajar yang tepat dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Karena mahasiswa akan merasa nyaman pada saat mengikuti perkuliahan yang sesuai dengan gaya belajarnya.
Metode : Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan pendekatan penelitian cross sectional. Populasi berjumlah 153 mahasiswa menggunakan tehnik proportionate random sampling sehingga mendapatkan 111 sampel serta di analisis uji regresi.
Hasil : Dilakukan terhadap 111 responden tentang gaya belajar yang mempunyai tingkat terbanyak yaitu gaya belajar diverger sebesar 58.56% dan prestasi belajar yang terbanyak yaitu prestasi belajar B+ sebesar 40.54%. Hasil analisis uji regresi menyatakan tidak ada pengaruh gaya belajar diverger dan assimilator David Kolb terhadap prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan pada Kehamilan di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin. Sedangkan hasil uji fisher’s exact test menyatakan tidak ada hubungan pengaruh gaya belajar converger dan accomodator terhadap prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan pada Kehamilan di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Kesimpulan : Tidak ada pengaruh gaya belajar David Kolb terhadap prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan pada Kehamilan di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.
Kata Kunci : Gaya belajar David Kolb, prestasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dikti. 2004. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Jenjang Pendidikan Tinggi Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta: Bhakti Husada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Dwi Sogi Sri Redjeki, Anggrita sari, Ika Friscila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.