HUBUNGAN UMUR DAN PENDIDIKAN IBU PRIMIGRAVIDA DENGAN KEPATUHAN KUNJUNGAN ANC

Mohdari Mohdari, Dewi Pusparani Sinambela, Maria Saropah

Abstract


Latar Belakang : Setiap wanita hamil menghadapi risiko komplikasi yang bisa mengancam jiwanya. Oleh karena itu, setiap wanita hamil memerlukan sedikitnya empat kali kunjungan selama periode antenatal. Menurut data dari Dinas Kesehatan Banjarmasin, tingkat kepatuhan ibu hamil melakukan kunjungan ANC yang paling tinggi pertama adalah di Puskesmas Pekauman yaitu sebanyak 1115 ibu hamil melakukan kunjungan K1 murni (99,6%), K1 akses sebanyak 1189 (106,2%), K4 sebanyak 961 (85%). Tujuan : Mengetahui hubungan antara umur dan pendidikan ibu primigravida dengan kepatuhan melakukan kunjungan ANC di Puskesmas Pekauman.

Metode : Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional, uji statistik yang digunakan yaitu Spearman rank, dengan responden sebanyak 49 orang. Hasil : umur ibu hamil yang datang ke Puskesmas Pekauman yaitu yang paling banyak 20-35 tahun 34 orang (69,4%), pendidikan ibu hamil terbanyak yaitu SMP 18 orang (36,7%), ibu primigravida yang patuh melakukan kunjungan ANC yaitu 16 orang (32,7%) dan tidak terdapat hubungan antara umur dan pendidikan ibu primigravida dengan kepatuhan melakukan kunjungan ANC di Puskesmas Pekauman. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara umur dan pendidikan ibu primigravida dengan kepatuhan melakukan kunjungan ANC di Puskesmas Pekauman.

Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian dengan variabel yang berbeda seperti motivasi ibu, pekerjaan, paritas, penghasilan dan sebagainya yang mungkin lebih berpengaruh terhadap kunjungan ANC ibu.

Kata kunci: Kepatuhan, umur, dan pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Dinkes. Banjarmasin. 2013. Laporan PWS KIA Banjarmasin.

Hidayat, A., Aziz. 2007. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Marmi. 2011. Asuhan Kebidanan Pada Masa Antenatal. jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mufdilah. 2009. Panduan Asuhan Kebidanan Ibu Hamil. Jogjakarta : Nuha Medika.Sarminah. 2012. faktror-faktor yang berhubungan dengan kunjungan antenatal care di Provinsi Papua

Yulaikhah,Lily .2009. Seri Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 1970 Mohdari Mohdari, Dewi Pusparani Sinambela, Maria Saropah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.