HUBUNGAN PENGGUNAAN KB SUNTIK 3 BULAN DENGAN KENAIKAN BERAT BADAN PADA WANITA AKSEPTOR KB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LOK BAINTAN

Adriana palimbo, Hariadi Widodo, Nur Redha

Abstract


Latar Belakang Masalah. Kontrasepsi merupakan suatu cara untuk mencegah terjadinya kehamilan,namun banyak perempuan mengalami kesulitan di dalam menentukan pilihan jenis kontrasepsi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada hubungan lama penggunaan kontrasepsi suntik 3 bulan dengan Kenaikan berat badan pada wanita pada akseptor KB suntik di Wilayah Kerja Puskesmas Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Objek Penelitian ini adalah Akseptor KB Suntik 3 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Metode penelitian ini menggunakan metode survey analitik yaitu penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa penomena kesehatan itu terjadi, dengan rancangan pendekatan yang digunakan adalah cross sectional study. Sampel pada penelitian ini 73 responden dengan tehnik accidental sampling artinya setiap ibu yang datang ke puskesmas Lok Baintan untuk melakukan suntik KB 3 bulan dijadikan sampel. Instrumen penelitian berupa Lembar Observasi yang di analisis mengggunkan Uji statistik Chi square.

Kata Kunci: Kontrasepsi Suntik, Kenaikan Berat Badan.

 


Full Text:

PDF

References


Anonymos.(2007).Metode Kontrasepsi KB. (Online), (http://bibilung.wordspress.com/, diakses 29 September 2012).

Hartanto, H. (2004). KeluargaBerencana Dan Kontrasepsi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Hartanto, H., Huriawati&Wulansari, P. (2005).RagamMetodeKontrasepsi. Jakarta: EGC.

Hidayat, A.A. (2008). MetodePenelitianKeperawatandanTeknikAnalisis Data. Jakarta: SalembaMedika.

Maryani, S.,Suratun, Hartini, T., Rusmiati, &Pinem, S.(2008). Pelayanan Keluarga Berencana & Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: TIM.

Notoatmodjo, S. (2007).Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Saifuddin, A.B. (2006). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka sarwono Prawirohardjo.

Winkniosastro. 2006. Ilmu Kandungan. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawioharjo : Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Adriana palimbo, Hariadi Widodo, Nur Redha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.