GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL TENTANG MUTU PELAYANAN ANC DI PUSKESMAS JAMBU BURUNG KABUPATEN BANJAR

Yayu Puji Rahayu

Abstract


Rendahnya kualitas pelayanan di Indonesia dibuktikan masih tingginya angka kematian dan kesakitan ibu di Indonesia. Objek dalam penelitian ini adalah pasien KIA yang dipokuskan pada ibu hamil di Poli KIA di Puskesmas Jambu Burung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan mutu pelayanan ANC dilihat dari dimensi kompetensi tehnik pemberi layanan dan Efektifitas hasil layanan yang diberikan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu Metode Deskriftif. Metode pengambilan sampel dengan cara accidental sampling dengan jumlah sampel minimal 30 orang. Hasil penelitian ini secara umum pasien masih belum puas dengan mutu pelayanan yang diberikan karena kinerja petugas masih kurang dari harapan pasien tapi berdasarkan pembagian demensi dan aspek yang ada dalam dimensi tersebut, aspek efektifitas hasil layanan sudah hampir memenuhi harapan pasien.

Kesimpulan penelitian ini adalah pasien belum puas dengan mutu pelayanan ANC yang diberikan di poli KIA Puskesmas Jambu Burung Kabupaten Banjar. Saran dari hasil penelitian ini yaitu untuk meningkatkan Kompetensi tehnik diharapkan bagi petugas kesehatan untuk mengikuti pelatihan dan untuk meningkatkan kepuasan pasien dari segi efektifitas hasil layanan agar di lakukan pengawasan (controlling) dari manajemen Puskesmas.

Kata kunci: Kepuasan, Mutu Pelayanan, Pelayanan ANC


Full Text:

PDF

References


Chafter 2011.http://Repositoriy files .usual.id/universitas sum-ut /pdf. Diakses 15-12-2012

Depkes.2000. Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak. Jakata: Depkes.

Hidayat, Alimul A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Jannah.2012.http://izzatijannah.wordpress.com/2011/03/23/7-t-10-t-14-t-dalam-pemeriksaan-anc/.

Notoatmojo, Soekidjo Dr. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo, Soekidjo Dr. 2007. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo, Soekidjo Dr. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Prawirohardjo, Sarwono.2008. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Bina Nusantara.

Pohan, Imbalo S Dr. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Rahmat.2010.http://datinkessulsel.files.wordpress.com/pidato-menkes/pdf.diakses 4 -11-2012

Saifuddin, Abdul Bari.2006. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Nenonatal. Jakarta: Yayasan Bina

Pustaka Sarwono Prawirahardjo. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management Supranto, Johanes.2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan..Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rahmat. 2006. http//www,tingkat kepuasan pelanggan . Diakses tanggal 18 januari 2013

Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D, Bandung Alfabet

Puskesmas Jambu Burung, 2012. Laporan Tahunan Puskesmas Jambu Burung Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar Tahun 2012, Martapura.

Mubarak.Wahid Iqbal dkk, 2007. Promosi kesehatan Sebuah Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan, Jakarta Graha Medika.

Wawan, A. Dewi ,M , 2010. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Prilaku Manusia. Yokyakarta, Nusa medika.

Andra. 2007. http//www,info Skripsi Com/ Proposal /penelitian KTi , html .Diakses 11 pebruari 2013.

Djoko W,2003. http//Datil ke Sul –sel , Files. Wordpress. Com/ Pidato Menti kesehatan RI Hari kesehatan Nasional . Diakses 11 pebruari 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Yayu Puji Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.