HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN PERSONAL HYGIENE PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLBN 1 PALANGKA RAYA

Dewi Apriliyanti, Agustina Nugrahini, Efri Dulie

Abstract


Latar Belakang: Gangguan kepribadian adalah pola perilaku yang bersifat menetap dalam persepsi dan pikiran yang berhubungan dengan lingkungan atau dirinya sendiri yang diperhatikan dengan berbagai macam konteks sosial maupun pribadi yang tidak fleksibel, maladaptif, dan menyebabkan adanya beda fungsional dan distres subjektif yang signifikan. Hasil pemantauan kondisi kesehatan pada wanita dan anak-anak sebanyak 52,4% anak usia 6-9 tahun yang berada disekolah dan mengalami disability. Di Indonesia diperkirakan sekitar7 – 10%.

Tujuan Penulisan: Menganalisis hubungan pola asuh orangtua dengan tingkat kemandirian personal hygiene di SLBN 1 Palangka Raya.

Metode Penelitian: yaitu penelitian korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Spearman’s Rank. Dari populasi 60 orangtua siswa dilakukan pengambilan sampel menggunakan sistem simple random sampling mendapatkan 52 sampel.

Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil uji analisa statistik dengan uji spearman’s rho diperoleh nilai P value = 0,001 dengan derajat kemaknaan α = 0,05. 0,001<0,05, maka H1 diterima yang artinya menunjukan adanya hubungan pola asuh orangtua dengan tingkat kemandirian personal hygiene pada anak tunagrahita di SLBN 1 Palangka Raya.
Kesimpulan: Ada terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan tingkat kemandirian personal hygiene pada anak tunagrahita. Setiap anak tunagrahita memerlukan pola asuh yang baik agar mereka mampu melakukan personal hygiene secara mandiri. 

Kata Kunci: Pola Asuh, Personal Hygiene, Anak Tunagrahita


Full Text:

PDF

References


Dian Ramawati, dkk. Kemampuan Perawatan

Diri Anak Tunagrahita Berdasarkan

Faktor Eksternal dan Internal Anak.

Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume

, No. 2, Juli 2012.

DepKes. 2014. Profil Kesehatan Indonesia

Tahun 2013. Jakarta: Kementrian

Kesehatan RI.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak

Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.

Herry Zan Pieter, Namora Lumongga Lubis.

Pengantar Psikologi untuk

Kebidanan. Kencana Prenada Media:

Jakarta.

Maryati, Indang. 2012. Pola Asuh Anak

Terhadap Perilaku Sosial Anak Remaja

di Desa Arang Limbung Kecamatan

Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Jurnal Universitas Tanjungpura

Pontianak.

Munafiah, Siti. 2013. Hubungan Tingkat

Pengetahuan Ibu Dengan Kemandirian

Toiletraining Pada Anak Retardasi

Mental diSLBN Surakarta. Jurnal

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu

Keperawatan: Pendekatan Praktis.

Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Puspita Rini, Reni. 2012. Hubungan Antara

Tingkat Pendidikan Orangtua Dengan

Tingkat Kemandirian Anak Retardasi

Mental Dalam Personal Hygiene Di

SDLB Negeri Colomadu. Jurnal

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Soemantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak

Luar Biasa. Bandung: PT Refika

Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Dewi Apriliyanti, Agustina Nugrahini, Efri Dulie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.